Penerapan Hermeneutika Kognitif Pada Pendidikan Agama Kristen Upaya Pemahaman Alkitab Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.91Keywords:
Hermeneutika Kognitif, PAK, Masa KiniAbstract
Alkitab merupakan buku kuno yang menjadi dasar kekristenan sebagai wahyu Ilahi yang memberikan dasar: petunjuk, ajaran, dan informasi tentang iman dan kehidupan rohani dan kepada kekekalan. Kristen menekankan otoritas Ilahi Alkitab, dihormati sebagai panduan spiritual, meskipun memahaminya sebagai pewahyuan Allah menimbulkan kompleksitas. Sejarah teologi menunjukkan tahap dekonstruksi, konstruksi, dan rekonstruksi, dipengaruhi oleh ideologi dan filsafat bahkan masalah teologi yang harus dipertimbangkan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Sehingga untuk memamahami Alkitab dalam suatu interpretasi bagaimana memahami Alkitab sebagai kesatuan wahyu Allah dan dampak konstruksi teologi terhadap pandangan hidup Kristen menjadi perhatian utama. Penulis menggunakan metode Kualitatif dengan mendeskripsikan objek, fenomena atau setting social terhadap pemahaman Alkitab. Sehingga ditemukan bahwa hermeneutika kognitif bidang Pendidikan Agama Kristen dalam Interpretasi Alkitab sebagai jembatan memperdalam pemahaman teologis Alkitab yang memberikan kontribusi penting pada studi Alkita. Hermeneutika kognitif juga memperluas pemahaman interpretasi pesan rohani, dengan fokus pada relevansi dan akurasi dalam kehidupan Kristen. Sehingga melalaui pendidikan agama Kristen akan Integrasi hermeneutika kognitif dengan pemahaman Alkitab memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan kontekstual terhadap teks suci dalam kehidupan Kristen masa kini.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_kualitatif/59V8DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+kualitatif+analisis+deskriptif&printsec=frontcover
Apituley, M. M. A. (2020). Hermeneutik Kontekstual:Sebuah Konstruksi Berdasarkan Filsafat Hermeneutik Modern. ARUMBAE: Jurnal Ilmiah Teologi Dan Studi Agama, 2(2), 137–154. https://doi.org/10.37429/arumbae.v2i2.450
Harianto GP. (2016). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab Dunia dan Pendidikan masa Kini. ANDI. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RKI5EAAAQBAJ&o-i=fnd&pg=PP1&dq=pendidikan+agama+Kristen+Alkitab&ots=lgGRoxifjP&sig=GeHgZUFMxiqRVbxXtMY6w-HGiow&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan agama Kristen Alkitab&f=false
Matalu, M. Y. (2018). Apologetika Kristen Reformed. Gerakan Kebangunan Kristen.
Maryono, P. (2016). ANALISIS RETORIS. ANDI. https://books.google.co.id/books?hl=id&-lr=&id=JIA5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=hermeneutika+masalah+tafsir+alkitab&ots=m4D0MVBfwP&sig=4tYDa-q-8xrAIllsZ7NRfHWhvpk&redir_esc=-y#v=onepage&q=hermeneutika masalah tafsir alkitab&f=false
Susanso, E. (2016). Studi Hermeneutika Kajian Pengantar Edisi Pertama. KENCANA.
Tung, K. Y. (2017). Filsafat Pendidikan Kristen Meletakkan Fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. ANDI (Penerbit Buku dan majalah Rohani. https://www.google.co.id/books/edition/Filsafat-_Pendidikan-_Kristen/LoI5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=filsafat+pendidikan+agama+kristen&printsec=frontcover
Chia, P. S., & Juanda, J. (2020). Dispensasionalisme Sebagai Metode Dalam Memahami Alkitab. Journal KERUSSO, 5(1), 20–37. https://doi.org/10.33856/kerusso.v5i1.122
Darmawan, I. P. A. (2016). Pendidikan Kristen di era postmodern. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1).
Gallagher, S. (2017). Hermeneutics and the Cognitive Sciences. Journal of Consciousness Studies, 10(11). https://www.researchgate.net/publication/233634710_Hermene-utics_and_the_Cognitive_Sciences
Harefa, F. L. (2016). Analisis Kritis Terhadap Hermeneutika Kaum Postmodernis. Jurnal Scripta Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 1(2).
Ipaq, E. W. (2014). Pemimpin Sebagai Gembala. Jurnal Jaffray, 12(1). https://ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/download/31/36
Irawati, E. (2021). Keteladanan Kepemimpinan Yesus Serta Implikasi Terhadap Kepemimpinan Gereja Pada Masa Kini. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1).
Listijabudi, D. K. (2019). Pembacaan Lintas Tekstual: Tantangan Ber-Hermeneutik Alkitab Asia (2). GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 4(1), 73. https://doi.org/10.21460/gema.2019.41.412
Muthi’Latansa, A. (2022). Penerapan Hermeneutika Modern dalam Menafsirkan Teks. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(3), 144-157.
Panjaitan, J., Edwin, E., & Pieter, R. (2021). Penerapan Hermeneutika Di GBI ROCK Jabodetabek. Kingdom, 1(2), 138-153.
Rey, K. T. (2018). Konstruksi Teologi dalam Konteks Reposisi Pemikiran Warga Gereja. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 2(1), 1. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v2i1.3
Saidi, A. I. (2008). Hermeneutika, sebuah cara untuk memahami teks. Jurnal Sosioteknologi, 7(13).
Sidik, H., & Sulistyana, I. P. (2021). Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(1), 19. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.6224
Sukono, D. (2019). Alkitab: Penyataan Allah Yang Diilhamkan. PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(1), 28–34. https://doi.org/10.46494/psc.v15i1.66
Sunarto, S. (2021). Ibadah Online dalam Perspektif Alkitab dan Relevansinya pada Masa serta Pasca Pandemi Covid-19. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(2), 181–203. https://doi.org/10.51828/td.v10i2.39
Susanto, H. (2021). Pengaruh Bias Kognitif Terhadap Penerimaan Injil Sebagai Kebenaran Yang Absolut. SIAP: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 10(2), 15–34. https://doi.org/10.55087/siap.v10i2.1
Verdianto, Y. (2020a). Hermeneutika Alkitab Dalam Sejarah: Prinsip Penafsiran Alkitab Dari Masa ke Masa. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1). https://doi.org/10.46974/ms.v1i1.2
Verdianto, Y. (2020b). Hermeneutika Alkitab Dalam Sejarah: Prinsip Penafsiran Alkitab Dari Masa ke Masa. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1).
Yonathan, Y. (2016). Iman Dan Akal Dari Perspektif Alkitab. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1). https://journal.sttsimpson.ac.-id/index.php/Js/article/viewFile/19/18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jabes Pasaribu, Suset Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.