Strategi Misi Digital Berdasarkan Survei Penetrasi Internet 2024: Adaptasi Penggunaan Media Sosial Generasi Z

Authors

  • Slamet Wiyono Sekolah Tinggi Teologi Makedonia, Ngabang https://orcid.org/0000-0002-1147-1399
  • Edward. E. Hanock Sekolah Tinggi Teologi Makedonia, Ngabang
  • Bryan. A. Arwam Sekolah Tinggi Teologi Makedonia, Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.216

Keywords:

Misi Digital, Generasi Z, Milenial, Strategi Gereja, Penginjilan

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat di Indonesia, khususnya dengan peningkatan penetrasi internet berdasarkan Survei Penetrasi Internet 2024, telah membawa dampak signifikan bagi gereja dalam menjalankan misi penginjilan dan pemuridan. Generasi Z dan Milenial, sebagai kelompok digital-native, semakin sering menggunakan platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube untuk keperluan spiritual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi misi digital yang efektif bagi gereja di Indonesia dengan fokus pada adaptasi perilaku digital generasi muda. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kajian literatur, penelitian ini menemukan bahwa gereja perlu berinovasi dalam menggunakan media sosial tanpa mengabaikan prinsip-prinsip teologis. Kesimpulan utama penelitian ini menegaskan bahwa strategi misi yang sukses harus memanfaatkan teknologi modern dan sejalan dengan nilai-nilai Kristiani, untuk menjangkau dan melibatkan Generasi Z dan Milenial secara efektif di ruang digital.

References

APJII. (2024). Internet Indonesia. Survei Penetrasi Internet Indonesia, 1–73.

Ariefin, D., Wiriadinata, A. Y., Effendi, D. T., Prihatiningsih, U., & Turnip, G. (2022). Generation Z’s Attitude towards Bible Study in the Disruption Era. Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities, and Christian Education (ICONTHCE 2021), 669. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220702.065

Gultom, J. M. P. (2022). Misi Gereja Dalam Pengembangan Praktek Penginjilan Pribadi Dan Pemuridan Generasi Z. Manna Rafflesia, 9(1), 18–36. https://doi.org/10.38091/man_raf.v9i1.241

Hutabarat, S. (2023). Membangun Strategi Misi Kontekstual Bagi Generasi Milenial Memanfaatkan Metaverse. Geneva – Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 26(1), 19–35. http://www.e-journal.sttiaa.ac.id/index.php/geneva/article/view/106%0

Laoli, O., Pogo, B. A., Saer, S. N., & Kurniawan, J. (2024). AI Dalam Gereja : Mengungkap Peluang AI Bagi Pertumbuhan Iman Jemaat Dalam Gereja. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.95

Mello, J., & Martince Goha, F. (2022). Penginjilan Berbasis Media Sosial: Suatu Strategi Misi Di Era Digital Serta Relevansinya Dalam Kehidupan Umat Kristen. Jurnal Mahasiswa Kristen, 2(1), 12–20. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index-.php/mello/index

Nggebu, S. (2023). Mengaktualisasikan strategi pelayanan misi kontekstual kiai Sadrach pada era posmodern. Kurios, 9(2), 377. https://doi.org/10.30995/kur.v9i2.727

Ostawa, O., Silitonga, A. R., & Marpay, B. (2023). Strategi Pelayanan Misi Kontekstual Terhadap Generasi Z Yang Percaya Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Predica Verbum: Jurnal Teologi Dan Misi, 3(2), 109–121. https://doi.org/10.51591/predicaverbum.v3i2.70

Purnomo, A., & Sanjaya, Y. (2020). Tantangan dan Strategi Gereja Menjalankan Misi Allah dalam Menghadapi Penerapan Industri 4.0 di Indonesia. In DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika (Vol. 3, Issue 2, pp. 91–106). download.garuda.kemdikbud.go.id. https://doi.org/10.53547/diegesis.v3i2.83

Ronda, D., Gumelar, F., & Wijaya, H. (2024). The Church in a Digital Society: An Effort to Transform Church Ministry in Indonesia. Pharos Journal of Theology, 105(1), 1–13. https://doi.org/10.46222/pharosjot.10526

Thacker, J. (Ed.). (2023). The Digital Public Square: Christian Ethics in a Technological Society. Perspectives on Science and Christian Faith, 75(3), 214–215. https://doi.org/10.56315/pscf12-23thacker

Tobi, O. R., Dju, O. A., Kote, I. E. P., & Tanhidy, J. (2021). Strategi Misi William Carey di India dan Implikasinya Bagi Pelayanan Misi Masa Kini. Jurnal Kala Nea, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.61295/kalanea.v2i1.101

van den Berg, J. A. (2021). @stephanjoubert: Tweeting the gospel aphoristically. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4). https://doi.org/10.4102/HTS.-V77I4.6697

Widjaja, F. I. (2022). Transformation of Christian Mission in the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities, and Christian Education (ICONTHCE 2021), 669. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220702.012

Zendrato, C. P. (2024). Menyikapi Perkembangan Teknologi AI (ChatGPT) Sesuai Dengan Kebenaran Alkitabiah. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.105

Downloads

Published

31-05-2025

How to Cite

Wiyono, S., Hanock, E. E., & Arwam, B. A. (2025). Strategi Misi Digital Berdasarkan Survei Penetrasi Internet 2024: Adaptasi Penggunaan Media Sosial Generasi Z. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.216