Menyikapi Perkembangan Teknologi AI (ChatGPT) Sesuai Dengan Kebenaran Alkitabiah

Authors

  • Carlin Puspinta Zendrato Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.105

Keywords:

Teknologi AI, ChatGPT, Sains dan Teknologi, Hukum, Filsafat Teologi

Abstract

Teknologi merupakan salah satu alat yang tidak bisa lepas dalam hidup manusia saat ini, karena pada umumnya tujuan dari teknologi adalah memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari hari. Perkembangan teknologi yang semakin memudahkan manusia menjadi salah satu pengaruh manusia mengalami perubahan positif maupun negatif dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam dunia kerja, industri, ekonomi, sosial budaya, kesehatan, dan juga pendidikan. Saat ini teknologi AI diyakini bahwa mampu menyaingi kognitif manusia karena kecerdasannya, salah satu contoh teknologi AI yang sedang marak adalah Chatgpt. Chatgpt salah satu aplikasi dari teknologi AI yang mampu membantu berbagai bentuk pekerjaan manusia seperti pencarian informasi yang jauh lebih cepat, pencarian gagasan atau ide, dan juga membantu mencari referensi dalam tugas akademik. Revolusi industri 4.0 saat ini yang terus menawarkan keinginan manusia di dalam memudahkan pekerjaan dan yang tidak bisa dihindari adalah teknologi akan terus canggih dan modern sehingga sangat diperlukan kebijaksanaan dalam menyikapi setiap kemajuan dari teknologi yang terus berevolusi dan sikap penuh tanggung jawab dalam penggunaannya oleh sebab itu tujuan dari tulisan ini adalah untuk menunjukkan penggunaan teknologi berdasarkan etika kristen yang bersumber dari kebenaran alkitab dalam penggunaan salah satu contoh teknologi AI yaitu chatgpt menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini diawali dengan pengenalan akan teknologi AI salah satunya yaitu chatgpt serta dampak dalam penggunaannya. Penjelasan selanjutnya adalah tentang pendapat dari berbagai perspektif seperti: sains dan teknologi, hukum, filsafat/etika serta dari perspektif teologi dan di bagian akhir kesimpulan serta saran.

References

Aiman, F., & Imas, K. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779%0Ahttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3342451

Amrizal, Victor & Aini, Q. (2013). Artificial Intellegence. https://ec.europa.eu/digital-single-market/en/artificialintelligence

Arief, N. N., & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence: Case Study Praktisi PR di Indonesia. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1–12.

Chanda Halim, & Hendri Prasetyo. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure(CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.6

Dahria, M. (2008). Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence. Jurnal Saintikom, 2, 185–197.

Descartes, R. (1637). Discourse On Method (A. MacNoravaich (ed.)). CreateSpace Independent Publishing Platform.

Feri, N. (2020). Pendidikan Sains dan Teknologi Transformasi Sepanjang Masa Untuk Kemajuan PEradaban (N. P. Wulandari (ed.); 1st ed.). Universitas Bengkulu Press Anggota IKAPI.

Gaspersz, V. (2023). Kristus di Era Digital: Menjembatani Teologi dan Teknologi Dalam Masyarakat 5.0. Vox Veritatis, 2(2), 104-114.

Gaol, A. lumban. (2023). ETIKA KRISTEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI: SEBUAH TINJAUAN MENURUT PERSPEKTIF ALKITAB. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 12082–12089. https://publisherqu.com/in-dex.php/pediaqu

Jaya, F., & Goh, W. (2021). Analisis Yuridis Terhadap Kedudukan Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence Sebagai Subjek Hukum Pada Hukum Positif Indonesia. Supremasi Hukum, 17(02), 01–11. https://doi.org/10.33592/jsh.v17i2.1287

N. Aliff. (2019). Penerokaan Awal Terhadap Isu dan Impak Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan terhadap Kehidupan Manusia [Early Exploration Towards Issues and Impact the Use of Artificial Intelligence Technology Towards Human Beings]. Asian Journal of Civilizational Studies, 1(4), 24–33. http://www.ajocs.com/index.php/-ajocs/article/view/25

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (Ai) Dan Pentingnya Ilmu Etika Dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34734

Pantan, F. (2023). Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern. Diegesis: Jurnal Teologi, 8(1), 111-124.

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.5236-2/jisicom.v5i2.616

Pardomuan, G. N., & Sulistyowati, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Musik Modern Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9464-9475.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Rohmy, A. M., Suratman, T., & Nihayaty, A. I. (2021). UU ITE Dalam Perspektif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 7(2), 309. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i2.1202

Russel, S. J, & Norvig, P. (2016). Artificial Intelligence: A Modern Approach. In Pearson Education Limited.

Sariri, I. G. Pandangan Etika Kristen terhadap Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan.

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan implikasinya terhadap tujuan pembelajaran pendidikan agama Kristen. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76-90.

Sulistyowati, I. (2021). Buku Ajar Mata Kuliah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). In Umsida Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-25-9

Ward, M. B. &Matt. (2019). Artificial Intelligence in Practice (D. Paulina (ed.)). PT Elex Media Komputindo. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-2036-9.ch005

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International. In Hochschule ravensburg-weingarten (6th ed., Vol. 3, Issue 1). Hochschule ravensburg-weingarten. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Downloads

Published

31-05-2024

How to Cite

Zendrato, C. P. (2024). Menyikapi Perkembangan Teknologi AI (ChatGPT) Sesuai Dengan Kebenaran Alkitabiah. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.105