Pengaruh Komitmen Dalam Melayani Berdasarkan 2 Timotius 4:5 Terhadap Kinerja Pelayan di GBI Hotel Pelangi Medan

Authors

  • Dioris Meilisa Sirait Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran

Keywords:

Komitmen Dalam Melayani, Tanda, Kinerja Pelayan, GBI Hotel Pelangi Medan

Abstract

Melayani merupakan tanda seorang percaya mengasihi Tuhan. Setiap orang percaya terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan. Untuk tetap setia melayani Tuhan dibutuhkan komitmen yang tinggi, sehingga akan menghasilkan kinerja yang tinggi pada diri pelayan tersebut. Untuk menghasilkan kinerja yang tinggi dibutuhkan komitmen dalam melayani berdasarkan 2 Timotius 4:5. Hal ini dikarenakan setiap pelayan harus dapat menguasai diri dalam segala hal, bertahan dalam penderitaan dan menunaikan tugas pelayanan agar orang lain dapat melihat Kristus dalam kehidupannya. Metode penelitian ini yang digunakan adalah survei yang bersifat kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua pelayan di GBI Hotel Pelangi Medan sebanyak 100 pelayan. Metode dan alat pengumpulan data adalah dengan angket untuk mengukur variabel Komitmen dalam Melayani Berdasarkan 2 Timotius 4:5 terhadap Kinerja Pelayan di GBI Hotel Pelangi Medan . Implikasinya adalah sebagai upaya untuk meningkatkan komitmen dalam melayani dan kemampuan para pelayan tersebut sepert rasul Paulus selama masa hidupnya.

 

References

Barna, George. Menumbuhkan Murid-Murid Sejati (Jakarta: Metanoia Publishing, 2010).

Boonyakiat, S. “Suffering” in Global Dictionary of Theology, William A. Dyrness, Veli-Matti Karkkainen (Ed.), Nottingham: IVP, 2008, p.

Chandra,Yonathan. Jurnal Komitmen dan Harga Mengikut Yesus: Lukas 9:57-9:62 (Australia: Indonesia Christian Church, 2012) diakses pada Selasa, 08 Mei 2018, 15.56 WIB.

Christian Haryono, Stefanus. Spiritualitas Panggilan, dalam Pelayan, Spiritualitas & Pelayanan, Ed. Oleh Asnath N. Natar, (Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 2012).

Drescher, John M.Doing What Comes Spiritually: Melakukan Buah Roh ( Jakarta: Gunung Mulia, 2008).

Duha, Timotius. Perilaku Organisasi, (Yogyakarta: Deepublish, 2016).

Fred N. & Howard B. Lee, Foundations of Behavioral Research (Forth Worth: Harcout College Publisher, 2000).

GP, Harianto. Membuahkan yang Terbaik Bagi Tuhan, (Bandung: Kalam Hidup, 2012).

Hurding, R. F. “Suffering” in New Dictionary of Christian Ethics & Pastoral Theology, David J. Atkinson, et. al. (Ed.), Nottingham: IVP, 1995, p.

Martasudjita, E. Pelayanan yang Murah Hati, (Yogyakarta : Kanisius, 2003).

Pr, P. Tri Margana. 50 Kalimat Inspiratif Rasul Paulus Untuk Pengembangan Diri (Yogyakarta: Kanisius Anggota IKAPI, 2009).

Trull, Joe E. & James E Carter, Etika Pelayan Gereja: Peran Moral dan Tanggung Jawab Etis Pelayan Gereja (Jakarta: GunungMulia, 2015).

Gonggang Lolok, Yasri. “Menerapkan Komitmen Pelayanan Paulus dalam Jemaat,” OSF, 14 Oktober 2023, https://osf.io/k6dcw/download/?format=pdf.

Saryanti. “Melayani Sesama Seperti Melayani Kristus.” 11 Oktober, 2023, https://bpkpenabur.or.id/jakarta/smak-2-penabur/berita/berita-lainnya/melayani-sesama-seperti-melayani-Kristus.

Rumah Doa Menara BDG. “Makna Sebuah Komitmen (Involvement or Commitment),” RDMB, 18 November, 2018, http://rdmb.org/18-november-2018-makna-sebuah-komitmen-involvement-commitment/.

Sermonnotes2. Blogspot.com/2013/11/dn017-kriteria-seorang-pelayan- kristen_30.html? m=1, diakses pada Senin, 30 Agustus 2018, pukul 13.00 Wib.

Shan, Xiao. Filipi 3: Menderita Demi Kristus (https://cahayapengharapan.org/id/filipi-3-menderita-demi-kristus).

Siburian, Togardo. Sola Fide & Pergumulannya Masa Kini (Bandung: STT Bandung, 2008).

Sutisna, J. http:// gpyahya. blogspot. Com/ 2009/ 07/ komitmen-dalam-melayani. html. Unduh November 2012/ diakses pada Selasa, 08 Mei 2018, 16.30 Wib.

Tafsiran Matthew Henry (1662-1714).

www. Bibleinfo.com/ id/ topics/ komitmen/2012, diakses pada Selasa, 08 Mei 2018, 16.01 Wib.

Yusuf. “Melayani Tuhan Dengan Tulus,” Blogger, 11 Oktober, 2023, https://yusufberbagibersama.blogspot.com/2015/03/?m=1.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Sirait, D. M. (2023). Pengaruh Komitmen Dalam Melayani Berdasarkan 2 Timotius 4:5 Terhadap Kinerja Pelayan di GBI Hotel Pelangi Medan. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 105–111. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jrm/article/view/76