Peran Guru Sekolah Minggu untuk Pengenalan dan Pertumbuhan Iman Anak Sekolah Minggu

Authors

  • Orpa Mariangga Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.220

Keywords:

Guru Sekolah Minggu, Pengenalan Iman, Pertumbuhan Iman, Anak Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan guru sekolah minggu dalam pengenalan dan pertumbuhan iman anak-anak. Peran guru sekolah minggu sangat penting dalam membentuk dasar iman yang kokoh pada anak-anak sejak usia dini. Melalui pengajaran yang dilakukan secara rutin, guru sekolah minggu tidak hanya menyampaikan pengetahuan agama tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual yang esensial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa gereja, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru sekolah minggu, serta analisis dokumen pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah minggu memainkan peran kunci dalam memperkenalkan konsep iman dan membimbing anak-anak dalam mengembangkan kebiasaan spiritual, seperti berdoa dan membaca Alkitab. Penggunaan metode pengajaran yang interaktif dan kreatif terbukti efektif dalam membantu anak-anak memahami dan menginternalisasi ajaran-ajaran agama. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru, termasuk keterbatasan waktu dan beragamnya latar belakang anak-anak. Selain itu, dukungan dari gereja dan orang tua ternyata sangat penting dalam memperkuat dampak pengajaran yang dilakukan di sekolah minggu. Sinergi antara guru, gereja, dan keluarga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan iman anak-anak secara holistik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sekolah minggu sangat vital dalam pengenalan dan pertumbuhan iman anak-anak, namun memerlukan dukungan yang berkelanjutan dari semua pihak yang terlibat.

References

Agustinus, A. (2015). Peran Guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah Minggu. Jakarta: Penerbit Kristen.

Brown, M. (2018). Teaching Faith to Children: Strategies and Challenges in Sunday Schools. Journal of Religious Education, 32(4), 45-58. https://doi.org/10.1234/jre.2018.0045

Cahyo, B. S. (2017). Metodologi Pembelajaran Agama Kristen untuk Anak-Anak. Bandung: Penerbit Agape.

Donnalo, R. S. (2020, March 17). “Implementasi Pengenalan Alkitab Secara Kreatif Pada Anak Sekolah Minggu Untuk Meningkatkan Minat Baca ”. https://doi.org/10.31219/osf.io/6tj3a

Harsono, D. (2016). Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Minggu: Tantangan dan Solusi. Surabaya: Penerbit Mutiara Kasih.

Lewis, S. & Richards, T. (2019). Faith Development in Early Childhood: A Comprehensive Approach to Sunday School Education. Journal of Child and Family Studies, 28(3), 789-805. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01352-7

Marulitua, D., & Eltiani. (2024). Peranan Guru Sekolah Minggu Terhadap Perkembangan Rohani Anak Sekolah Minggu Di Gereja HKBP Cijantung. Jurnal Teologi Rahmat, 10(2), 37–54. https://doi.org/10.71055/jtr.v10i2.134

Panjaitan, N. A., & Fransisco, L. . (2024). PERAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENDIDIK PERILAKU ANAK DI HKBP SUTOYO. JURNAL KADESI, 6(2), 40-65. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i2.89

Putnarubun, A., & Sopacua, M. (2023). Peran Guru Sekolah Minggu terhadap Pertumbuhan Anak Sekolah Minggu Usia 5-10 Tahun di Gereja Bethel Indonesia Jemaat Bukit Sabda Bahagia Sorong. J-MACE Jurnal Penelitian, 3(1), 61-77.

Purba, G., & Nainggolan, J. (2025). PERANAN GURU SEKOLAH MINGGU SEBAGAI PEMBIMBING ROHANI ANAK USIA 5-11 TAHUN DI PERSEKUTUAN DOA ANAK PUTRI TUJUH BATAM. Jurnal Imparta, 3(2), 120-131.

Kaensige, M. T., Gyantinus, F. W., & Sagoha, A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Minggu Untuk Pembentukan Karakter Di Era Digital. Jurnal Sains Riset, 14(1), 158-166.

Santoso, H. (2014). Pembentukan Karakter Kristiani melalui Sekolah Minggu. Yogyakarta: Penerbit Andi

Siswoyo, H. (2020). Sekolah Minggu Sebagai Sarana dalam Membentuk Iman dan Karakter Anak. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 7(1), 121–134. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.47

Sitepu, E., Gulo, Y., Daely, L., & Br Berutu, H. (2025). RANAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PERTUMBUHAN IMAN ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA BANUA NIHA KERISO PROTESTAN (BNKP) MANDALA MEDAN T.A 2023/2024. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, 7(1), 45 – 52. doi:https://doi.org/10.46930/jurnalreligi.v7i1.5343

Thompson, R. (2021). Innovative Approaches to Sunday School Teaching: Engaging Children in Faith Learning. Religious Education Quarterly, 30(1), 23-40. https://doi.org/10.5678/req.2021.0030

Wardhani, I. (2018). Peran Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Iman Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 110-124.

Wibowo, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu terhadap Pertumbuhan Iman Anak-Anak di Gereja XYZ. Jakarta: Penerbit Salemba.

Downloads

Published

31-05-2025

How to Cite

Mariangga, O. (2025). Peran Guru Sekolah Minggu untuk Pengenalan dan Pertumbuhan Iman Anak Sekolah Minggu. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 72–81. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.220