Strategi Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Pengawas Pendidikan Agama Kristen dalam Konteks Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.411Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Pengawas, Pengembangan Profesional Berkelanjutan, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi efektif dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pengawas pendidikan agama Kristen yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah reviu literatur sifat naratif dengan menelaah berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, kebijakan pendidikan, dan hasil penelitian terdahulu yang membahas pengawasan pendidikan, pengembangan profesional berkelanjutan, serta implementasi Kurikulum Merdeka. Penemuan strategi itu memperkuat kompetensi pengawas dalam aspek akademik, manajerial, sosial, dan spiritual. Dengan penerapan strategi pengembangan profesional berkelanjutan secara terencana dan kontekstual, pengawas mampu menjalankan fungsi supervisi secara lebih efektif dan reflektif, sekaligus menjadi agen transformasi dalam mewujudkan pendidikan agama Kristen yang berkualitas, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
References
Berdiati, I. (2020). Peran Pengawas dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 38–49. https://doi.org/10.38075/tp.v14i1.82
Lebok, D. L. (2022). Upaya Pengawas Pendidikan Agama Kristen Dalam Peningkatan Kemampuan Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Dengan Bantuan Teman Sejawat Tahun 2022. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 295–303. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i3.1618
Merlith, B. D. (2022). Implikasi Andragogi Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen. Lentera Nusantara: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 55–67. https://doi.org/10.59177/jls.v2i2.180
Nole, O. A., & Lauterboom, M. (2025). Self-Love and Self-Acceptance in the Student Body: A Feminist Pedagogical Study in Christian Education. Tumou Tou, 12(1), 1–8.
Pa, H. B., Afi, K. E. Y. M., & Banamtuan, M. F. (2024). Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(1), 135–148. Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Supit, S. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Kristen: Studi pada Guru PAK di SMK Negeri 3 Manado. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 207–218. https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i2.113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marthen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



