Strategi Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Pengawas Pendidikan Agama Kristen dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Authors

  • Marthen Kementerian Agama Kota Palu

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.411

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Pengawas, Pengembangan Profesional Berkelanjutan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi efektif dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pengawas pendidikan agama Kristen yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah reviu literatur sifat naratif dengan menelaah berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, kebijakan pendidikan, dan hasil penelitian terdahulu yang membahas pengawasan pendidikan, pengembangan profesional berkelanjutan, serta implementasi Kurikulum Merdeka. Penemuan strategi itu memperkuat kompetensi pengawas dalam aspek akademik, manajerial, sosial, dan spiritual. Dengan penerapan strategi pengembangan profesional berkelanjutan secara terencana dan kontekstual, pengawas mampu menjalankan fungsi supervisi secara lebih efektif dan reflektif, sekaligus menjadi agen transformasi dalam mewujudkan pendidikan agama Kristen yang berkualitas, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan zaman.

References

Berdiati, I. (2020). Peran Pengawas dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 38–49. https://doi.org/10.38075/tp.v14i1.82

Lebok, D. L. (2022). Upaya Pengawas Pendidikan Agama Kristen Dalam Peningkatan Kemampuan Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Dengan Bantuan Teman Sejawat Tahun 2022. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 295–303. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i3.1618

Merlith, B. D. (2022). Implikasi Andragogi Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen. Lentera Nusantara: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 55–67. https://doi.org/10.59177/jls.v2i2.180

Nole, O. A., & Lauterboom, M. (2025). Self-Love and Self-Acceptance in the Student Body: A Feminist Pedagogical Study in Christian Education. Tumou Tou, 12(1), 1–8.

Pa, H. B., Afi, K. E. Y. M., & Banamtuan, M. F. (2024). Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(1), 135–148. Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Supit, S. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Kristen: Studi pada Guru PAK di SMK Negeri 3 Manado. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 207–218. https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i2.113

Downloads

Published

15-11-2025

How to Cite

Marthen, M. (2025). Strategi Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Pengawas Pendidikan Agama Kristen dalam Konteks Kurikulum Merdeka. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.411