Optimalisasi Pendidikan Agama Kristen Keluarga dalam Membangun Ketahanan Remaja Terhadap Perundungan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.393

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Keluarga, Ketahanan Remaja, Perundungan

Abstract

Perundungan pada remaja merupakan fenomena sosial yang kian meningkat dan berdampak serius terhadap kesehatan mental, sosial, serta akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan agama Kristen (PAK) dalam keluarga dalam membangun ketahanan remaja terhadap perundungan. Pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka digunakan dengan menelaah literatur ilmiah yang relevan. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi konsep-konsep kunci, peran keluarga, strategi implementasi, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAK keluarga berkontribusi pada pembentukan ketahanan remaja melalui empat aspek utama, yakni spiritual, emosional, sosial, dan moral. Implementasi yang konsisten melalui penanaman nilai iman, pembinaan karakter, keterampilan merespon perundungan, serta keteladanan orang tua menjadi kunci penguatan daya lenting remaja. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi PAK keluarga sebagai upaya preventif dalam mengurangi dampak perundungan sekaligus sebagai dasar pembentukan generasi remaja Kristen yang tangguh.

References

Anneke, & Hindradjat, J. (2024). Membangun Ketahanan Nilai-Nilai Kristiani : Intervensi Konseling Kristen Berbasis Iman untuk Mengatasi Cyberbullying di Kalangan Remaja Kristen. Jurnal Teologi Injili, 4(1), 48–62.

Groce, J. (2019). The Impact of Faith-Based Organizations on Schools and Families for Prevention of Bullying and Youth Violence.

Hani, R., & Ganiem, L. M. (2024). Kolaborasi Personal Social Responsibility dalam Pencegahan Tindakan Bullying Melalui Edukasi Komunikas Verbal dan Non Verbal pada Remaja di SMKN 49 Jakarta. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–32.

Ichsano, A., Mayangsari, A., Nayla, N., Christcanti, R., Zahra, S. F., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Bahasa Indonesia Dan Resiliensi Psikologis: Peran Bahasa Meningkatkan Ketahanan Mental Individu Dalam Menghadapi Tantangan Hidup. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 206–218. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v4i2.3138

Kimbal, S. dkk. (2021). Internalisasi Pendidikan Kristiani dalam Keluarga. Wahana Pendidikan, 7(6), 90–107. https://doi.org/10.5281/zenodo.5548955

Kimbal, S., Setlight, J., & Lumi, D. R. N. (2021). Internalisasi Pendidikan Kristiani dalam Keluarga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 90–107. https://doi.org/10.5281/zenodo.5548955

Kinanti, R. G., Puriastuti, A. C., Amelia, D., & Dani, N. W. R. (2024). Meningkatkan Pengetahuan Perubahan Masa remaja dan Dampak Perundungan Kepada Santri Sebagai Upaya Preventif Tindak Kekerasan Seksual dan Perundungan di Pesantren. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 6(4), 1651–1658. https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM/article/view/2494

Massarwi, A. A., & Gross-Manos, D. (2022). The Association between Bullying Victimization and Subjective Well-Being among Children: Does the Role of Child Religiosity Matter? International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15). https://doi.org/10.3390/ijerph19159644

Mau, M., Dakhi, F., Zai, S., & Zai, S. (2024). Bullying Education in Adolescents Based on Reflections on James 4 : 11. 1(3), 25–33.

Moore, S. E., Norman, R. E., Suetani, S., Thomas, H. J., Sly, P. D., & Scott, J. G. (2017). Consequences of bullying victimization in childhood and adolescence: A systematic review and meta-analysis. World Journal of Psychiatry, 7(1), 60. https://doi.org/10.5498/wjp.v7.i1.60

Pintakhari, B. (2024). Pendidikan Kristiani dalam Membentuk Kepribadian Sosial Anak: Membangun Sikap Anti-Bullying. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 101–111.

Putri, T. H., Assegaf, Syarifah Nurul Yanti Rizki, S., Tyas, T. W., & Khansa, M. P. (2024). Skrining dan Edukasi (S.E.S.I) Pencegahan Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(7), 3121–3130.

Salamah, A., Sunarti, E., & Eva Riany, Y. (2023). Pengaruh Tipologi Keluarga dan Lingkungan Ramah Keluarga terhadap Resiliensi Dewasa Awal pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 16(3), 199–212. https://doi.org/10.24156/jikk.2023.16.3.199

Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(2), 25–39. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i2.430

Sianipar, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Jurnal Shanan, 4(1), 73–92.

Sigalingging, J., & Raranta, J. E. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Keluarga terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, dan Karakter Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7426–7436. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4103

Sigurdson, J. F., Undheim, A. M., Wallander, J. L., Lydersen, S., & Sund, A. M. (2015). The long-term effects of being bullied or a bully in adolescence on externalizing and internalizing mental health problems in adulthood. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s13034-015-0075-2

Tafonao, T., Tetelepta, H. B., Harefa, O., Joni Gultom, Kristian, Y., Zega, Lidya, D., & Heeng, G. (2022). Pembinaan Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga: Upaya Membentuk Karakter Remaja di GIA Pringgading. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1272–1279.

Tarumingi, D. A., & Koraag, I. (2024). Peran Orang Tua melalui PAK dalam Keluarga terhadap Pengaruh Negatif Gadget pada Remaja di Jemaat Gmim Theodoron Tateli Wilayah Mandolang I. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 549–556. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.799

Udin Firman Hidayat, Bernadetha Nadeak, L. N. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Pencegahan Perundungan Udin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1945–1953.

Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167

Zalukhu, A. (2025). The Role of Christian Education in Building Spiritual Resilience Among Adolescents Amid Peer Influence. International Journal of Christian Education and Philosophical Inquiry, 2, 46–60.

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga: Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. Jurnal Luxnos, 7(1), 105–116.

Downloads

Published

15-11-2025

How to Cite

Purba, S., & Hidayat, U. F. (2025). Optimalisasi Pendidikan Agama Kristen Keluarga dalam Membangun Ketahanan Remaja Terhadap Perundungan. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 168–180. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.393