Refleksi Teologis Tentang Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Algoritma

Authors

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.376

Keywords:

Refleksi Teologis, Artificial Intelligence, Pendidikan Agama Kristen, Era Algoritma, Teologi Digital

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara reflektif-teologis bagaimana integrasi AI dapat mendukung, menantang, sekaligus menafsir ulang proses pembentukan iman di era algoritma. Menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan model refleksi teologis, kajian ini menganalisis literatur teologi, pendidikan, dan teknologi terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI mampu memfasilitasi pembelajaran adaptif dan kontekstual, memperkaya pengalaman iman melalui personalisasi dan interaktivitas. Namun, integrasi ini juga menimbulkan persoalan etis dan spiritual, terutama terkait potensi dehumanisasi dan hilangnya sentuhan rohani dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, AI perlu ditempatkan sebagai alat bantu yang tunduk pada nilai-nilai kasih, kebijaksanaan, dan tanggung jawab teologis. Refleksi ini menegaskan bahwa pendidikan iman Kristen di era algoritma harus membangun paradigma teologi digital yang menempatkan teknologi sebagai sarana partisipasi manusia dalam karya Allah, bukan sebagai pengganti kehadiran-Nya.

References

Goh, Poh Sun, and John Sandars. 2020. “A Vision of the Use of Technology in Medical Education After the COVID-19 Pandemic.” MedEdPublish 9(1).

Holmes, Wayne, Maya Bialik, and Charles Fadel. 2019. Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Hutagalung, Daniel Saut. 2020. Pembinaan Kaum Muda Dalam Gereja Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutapea, Anton. 2021. “Pemetaan Infrastruktur Pendidikan Kristen Di Era Digital.” Jurnal Teknologi Pendidikan Kristen 5(1): 55–63.

Hutapea, Benhard. 2022. Spiritualitas Kontekstual: Perspektif Pembentukan Iman Di Era Digital. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutapea, Rudolf Andika. 2022. Etika Digital Dalam Pendidikan Kristen Kontemporer. Yogyakarta: Andi Offset.

Knight, George R. 2020. Philosophy and Education: An Introduction in Christian Perspective. 5th ed. Berrien Springs, MI: Andrews University Press.

Krippendorff, Klaus. 2018. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. 3rd ed. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Lumbantobing, Fransiska. 2021. “Persepsi Guru Kristen Terhadap Transformasi Digital Dalam Pendidikan.” Jurnal Transformasi Pendidikan Kristen 6(2): 69–77.

Lumbantobing, Maria Agustina. 2023. Teologi Pendidikan Kristen: Membangun Iman Di Era Digital. Bandung: Bina Media Informasi.

Manalu, Ephraim Togar. 2020. Teologi Pembelajaran Kristen: Pendekatan Integratif Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Manik, Andreas, and Reiner Alexander Tobing. 2021. “Analisis Kesiapan Guru Agama Kristen Dalam Menghadapi Digitalisasi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teologi dan Agama Kristen 19(2): 83–93.

Manurung, Hotma Rusli. 2022. Teologi Dan Teknologi: Mencari Titik Temu Antara Iman Dan Inovasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Manurung, Togar. 2023. “Sinergi Multi Pihak Dalam Transformasi Digital Pendidikan Agama.” Jurnal Pengembangan Pelayanan Kristen 7(2): 83–92.

Nainggolan, M. 2022. “Teologi Penderitaan Dan Penguatan Iman Dalam Masa Krisis Mental.” Jurnal Injili Reformasi 2(1): 65–76.

Nainggolan, Tumpal Mangasa. 2023. “Teknologi Dan Pembinaan Rohani Digital: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 7(1): 65–78.

Pakpahan, Sahat Hiskia. 2023. “Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Kristen: Refleksi Etis Dan Teologis.” Jurnal Filsafat dan Pendidikan Kristen 10(1): 113–27.

Palmer, Parker. 1998. The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher’s Life. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Pardede, Eprianus. 2021. “Evaluasi Adaptif Berbasis AI Dalam Pendidikan Agama.” Jurnal Pendidikan Teologi Indonesia 8(1): 85–94.

Purba, Alvian Damas. 2022. “Pengembangan Kurikulum Digital Dalam Pendidikan Kristen.” Jurnal Kurikulum dan Teologi Kontekstual 6(2): 41–51.

Saragih, Ferdinandus Jaya. 2022. “Konteks Dan Personalisasi Dalam Pembelajaran Iman Berbasis Digital.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 5(2): 84–92.

Saragih, Jonathan. 2021. “Tantangan Akses Teknologi Dalam Pendidikan Agama.” Jurnal Transformasi Pendidikan Agama Kristen 4(2): 88–96.

Saragih, Jonathan Tigor. 2022. “Pendidikan Kristen Dan Teknologi: Peluang Penginjilan Digital Di Wilayah Terpencil.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 9(2): 75–90.

Selwyn, Neil, and Petar Jandrić. 2020. Postdigital Dialogue: Critical Perspectives on Education, Technology & Society. New York: Springer.

Sihombing, Lidya Maria. 2021. “Digitalisasi Bahan Ajar Untuk Pendidikan Agama Kristen Di Wilayah 3T.” Jurnal Misi dan Pendidikan Gereja 4(1): 103–11.

Sihotang, Margaretha. 2023. “AI Dan Visualisasi Iman Dalam Pembelajaran PAK.” Jurnal Media Pendidikan Kristen Kontekstual 4(1): 35–42.

Simamora, Herman Tua. 2022. “Dialogis Dan Reflektif: Inovasi Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Iman dan Budaya 8(1): 95–103.

Simanjuntak, Yohanes Rinaldi. 2021. Pendidikan Agama Kristen Kontekstual: Paradigma Dan Praktik. Bandung: Kalam Hidup.

Simatupang, Julius. 2022. “Pelatihan Guru PAK Dalam Menghadapi Era Kecerdasan Buatan.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Gereja 7(2): 59–66.

Simbolon, Andar. 2023. “Literasi Digital Dan Kompetensi Guru PAK Di Era Kecerdasan Buatan.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Indonesia 8(1): 48–55.

Sitorus, Debora Priskila. 2022. “Kolaborasi Digital Dalam Pelayanan Pendidikan Gereja.” Jurnal Pelayanan dan Pembinaan Kristen 9(1): 59–66.

Situmorang, Rina Agustina. 2023. “Spiritualitas Dalam Pendidikan: Menjaga Keseimbangan Antara Akal Dan Hati.” Jurnal Pendidikan Kristen Integral 12(1): 91–103.

Tambunan, Sondang, and Meliani Janita Silalahi. 2021. “Media Visual Dan AI Dalam Pendidikan Kristen Untuk Generasi Z.” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Kristen 3(2): 130–39.

Tambunan, Yosef. 2020. Digitalisasi Pendidikan Agama Kristen: Tantangan Dan Harapan Guru Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Tampubolon, Martha. 2022. “Respon Guru Terhadap Digitalisasi Pendidikan Rohani.” Jurnal Pendidikan Kristen Kontekstual 6(1): 52–59.

Tapscott, Don. 2009. Grown Up Digital: How the Net Generation Is Changing Your World. New York: McGraw-Hill.

White, Sarah. 2021. Faith and Technology: Rethinking Christian Education in a Digital Age. Grand Rapids, MI: Baker Academic.

Wibowo, Antonius. 2022. “Implementasi Pembelajaran Adaptif Berbasis AI Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Swasta.” Jurnal Teknologi Pendidikan 24(1): 85–92.

Zawacki-Richter, Olaf, Victoria I Marín, Melissa Bond, and Fawzi Gouverneur. 2019. “Systematic Review of Research on Artificial Intelligence Applications in Higher Education – Where Are the Educators?” International Journal of Educational Technology in Higher Education 16(1): 1–27.

Goh, Poh Sun, and John Sandars. 2020. “A Vision of the Use of Technology in Medical Education After the COVID-19 Pandemic.” MedEdPublish 9(1).

Holmes, Wayne, Maya Bialik, and Charles Fadel. 2019. Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Hutagalung, Daniel Saut. 2020. Pembinaan Kaum Muda Dalam Gereja Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutapea, Anton. 2021. “Pemetaan Infrastruktur Pendidikan Kristen Di Era Digital.” Jurnal Teknologi Pendidikan Kristen 5(1): 55–63.

Hutapea, Benhard. 2022. Spiritualitas Kontekstual: Perspektif Pembentukan Iman Di Era Digital. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutapea, Rudolf Andika. 2022. Etika Digital Dalam Pendidikan Kristen Kontemporer. Yogyakarta: Andi Offset.

Knight, George R. 2020. Philosophy and Education: An Introduction in Christian Perspective. 5th ed. Berrien Springs, MI: Andrews University Press.

Krippendorff, Klaus. 2018. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. 3rd ed. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Lumbantobing, Fransiska. 2021. “Persepsi Guru Kristen Terhadap Transformasi Digital Dalam Pendidikan.” Jurnal Transformasi Pendidikan Kristen 6(2): 69–77.

Lumbantobing, Maria Agustina. 2023. Teologi Pendidikan Kristen: Membangun Iman Di Era Digital. Bandung: Bina Media Informasi.

Manalu, Ephraim Togar. 2020. Teologi Pembelajaran Kristen: Pendekatan Integratif Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Manik, Andreas, and Reiner Alexander Tobing. 2021. “Analisis Kesiapan Guru Agama Kristen Dalam Menghadapi Digitalisasi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teologi dan Agama Kristen 19(2): 83–93.

Manurung, Hotma Rusli. 2022. Teologi Dan Teknologi: Mencari Titik Temu Antara Iman Dan Inovasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Manurung, Togar. 2023. “Sinergi Multi Pihak Dalam Transformasi Digital Pendidikan Agama.” Jurnal Pengembangan Pelayanan Kristen 7(2): 83–92.

Nainggolan, M. 2022. “Teologi Penderitaan Dan Penguatan Iman Dalam Masa Krisis Mental.” Jurnal Injili Reformasi 2(1): 65–76.

Nainggolan, Tumpal Mangasa. 2023. “Teknologi Dan Pembinaan Rohani Digital: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 7(1): 65–78.

Pakpahan, Sahat Hiskia. 2023. “Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Kristen: Refleksi Etis Dan Teologis.” Jurnal Filsafat dan Pendidikan Kristen 10(1): 113–27.

Palmer, Parker. 1998. The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher’s Life. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Pardede, Eprianus. 2021. “Evaluasi Adaptif Berbasis AI Dalam Pendidikan Agama.” Jurnal Pendidikan Teologi Indonesia 8(1): 85–94.

Purba, Alvian Damas. 2022. “Pengembangan Kurikulum Digital Dalam Pendidikan Kristen.” Jurnal Kurikulum dan Teologi Kontekstual 6(2): 41–51.

Saragih, Ferdinandus Jaya. 2022. “Konteks Dan Personalisasi Dalam Pembelajaran Iman Berbasis Digital.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 5(2): 84–92.

Saragih, Jonathan. 2021. “Tantangan Akses Teknologi Dalam Pendidikan Agama.” Jurnal Transformasi Pendidikan Agama Kristen 4(2): 88–96.

Saragih, Jonathan Tigor. 2022. “Pendidikan Kristen Dan Teknologi: Peluang Penginjilan Digital Di Wilayah Terpencil.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 9(2): 75–90.

Selwyn, Neil, and Petar Jandrić. 2020. Postdigital Dialogue: Critical Perspectives on Education, Technology & Society. New York: Springer.

Sihombing, Lidya Maria. 2021. “Digitalisasi Bahan Ajar Untuk Pendidikan Agama Kristen Di Wilayah 3T.” Jurnal Misi dan Pendidikan Gereja 4(1): 103–11.

Sihotang, Margaretha. 2023. “AI Dan Visualisasi Iman Dalam Pembelajaran PAK.” Jurnal Media Pendidikan Kristen Kontekstual 4(1): 35–42.

Simamora, Herman Tua. 2022. “Dialogis Dan Reflektif: Inovasi Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Iman dan Budaya 8(1): 95–103.

Simanjuntak, Yohanes Rinaldi. 2021. Pendidikan Agama Kristen Kontekstual: Paradigma Dan Praktik. Bandung: Kalam Hidup.

Simatupang, Julius. 2022. “Pelatihan Guru PAK Dalam Menghadapi Era Kecerdasan Buatan.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Gereja 7(2): 59–66.

Simbolon, Andar. 2023. “Literasi Digital Dan Kompetensi Guru PAK Di Era Kecerdasan Buatan.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Indonesia 8(1): 48–55.

Sitorus, Debora Priskila. 2022. “Kolaborasi Digital Dalam Pelayanan Pendidikan Gereja.” Jurnal Pelayanan dan Pembinaan Kristen 9(1): 59–66.

Situmorang, Rina Agustina. 2023. “Spiritualitas Dalam Pendidikan: Menjaga Keseimbangan Antara Akal Dan Hati.” Jurnal Pendidikan Kristen Integral 12(1): 91–103.

Tambunan, Sondang, and Meliani Janita Silalahi. 2021. “Media Visual Dan AI Dalam Pendidikan Kristen Untuk Generasi Z.” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Kristen 3(2): 130–39.

Tambunan, Yosef. 2020. Digitalisasi Pendidikan Agama Kristen: Tantangan Dan Harapan Guru Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Tampubolon, Martha. 2022. “Respon Guru Terhadap Digitalisasi Pendidikan Rohani.” Jurnal Pendidikan Kristen Kontekstual 6(1): 52–59.

Tapscott, Don. 2009. Grown Up Digital: How the Net Generation Is Changing Your World. New York: McGraw-Hill.

White, Sarah. 2021. Faith and Technology: Rethinking Christian Education in a Digital Age. Grand Rapids, MI: Baker Academic.

Wibowo, Antonius. 2022. “Implementasi Pembelajaran Adaptif Berbasis AI Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Swasta.” Jurnal Teknologi Pendidikan 24(1): 85–92.

Zawacki-Richter, Olaf, Victoria I Marín, Melissa Bond, and Fawzi Gouverneur. 2019. “Systematic Review of Research on Artificial Intelligence Applications in Higher Education – Where Are the Educators?” International Journal of Educational Technology in Higher Education 16(1): 1–27.

Downloads

Published

15-11-2025

How to Cite

Puling, H. (2025). Refleksi Teologis Tentang Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Algoritma. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 181–190. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.376