Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Siswa Kelas IV-VI di SD Inpres Kiniar
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.343Keywords:
Pembelajaran PAK, Pertumbuhan, Kerohanian Siswa, SD Inpres KiniarAbstract
Pendidikan Agama Kristen merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum sekolah, khususnya dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, dalam praktiknya di lapangan, pembelajaran Pendidikan Agama Kristen sering dihadapkan pada berbagai kendala, seperti kurangnya minat siswa, metode pembelajaran yang monoton, serta keterbatasan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai iman secara kontekstual. Kondisi tersebut menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal dan pertumbuhan kerohanian siswa tidak berkembang secara signifikan. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang agama serta membentuk mereka menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap pertumbuhan kerohanian siswa kelas IV hingga VI di SD Inpres Kiniar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan angket model Likert yang melibatkan 42 siswa. Pengujian validitas dilakukan dengan metode korelasi product moment Pearson, sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap pertumbuhan kerohanian siswa kelas IV hingga VI di SD Inpres Kiniar, yang dapat dilihat dari Model Summary, di mana nilai R adalah 0,341. Dari output tersebut, koefisien determinasi (P square) sebesar 0,117 menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 11,7%, sementara sisanya 88,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Asri, Nadia Antika, Matius Timan, and Herdi Ginting. 2023. “Membingkai Kontribusi Orangtua… (Manurung) Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya.” HARATI; Jurnal Pendidikan Kristen 3(2):141.
Harianto, GP. 2016. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Vol. 1. 5th ed. YogYakarta: Andi.
Ibrahim. 2021. Efektivitas Pelayanan Konseling Kristen Terhadap Keharmonisan Keluarga Di Gereja Bethel Indonesia “Filadelfia” Makassar.
Karami, Nasrun. 2014. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI DIKOTARAJA PROVINSI PAPUA.” Jurnal Al-Qalam 20(3):93–105.
Marinda, Leny. 2020. “TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR.” An-Nisa 13:116–52.
Masda Engkol, Daniel C. Kambey, and Art Thomas. 2021. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Oleh Guru Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(5):260–71.
Mau, Marthen. 2020. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1(2):145–61.
Ompusunggu, Kristina, Nico Anderson Hutabalian, Okta Velin Sitohang, Ranap Simangunsong, Maria Widyastuti, and M. K. Pd. 2022. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Luar Biasa Siborong-Borong.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2(1):187–95.
Prayitno, Anselmus Djoko, Hartutik, FX Sugiyana, Andarweni Astuti, and Nerita Setiyaningtiyas. 2024. “Penguatan Kompetensi Para Pendamping Iman Anak Kevikepan Semarang.” JPMNT : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT NIAN TANA 2(1):171–79. doi: 10.59603/jpmnt.v2i1.326.
Rizki, Lailatur Via, and Rizki Fatmawati. 2021. “Pengaruh Tindakan Afirmatif Dan Budaya Organisasi Terhadap Manajemen Kinerja PT. Bintang Sayap Utama Area Jawa Timur.” ECOBUSS 9(1):1–8.
Salwa, Nabila. 2023. “Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2(1):229–44. doi: 10.55606/protasis.v2i1.94.
Kristi, Sara Kurnia. 2023. “Implementasi Doktrin Kristologi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 3(3):230–45.
Sipahutar, Friska Mawarni, and Dorlan Naibaho. 2023. “Tantangan Dan Peluang Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Non Formal 1(2):1–10. doi: 10.47134/jpn.v1i2.193.
Smith, Christian, and Melinda Lundquist Denton. 2024. “Strategi Efektif Internalisasi Nilai Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Spiritualitas Remaja Kristen.” Manna Rafflesia (1):92–102. doi: 10.1093/019518095X.001.0001.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprianus Malan, Ibrahim, Yurico A. W. Leatemia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



