Pemberdayaan Perempuan Dalam Spiritualitas Ursulin di SMA Santa Ursula Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.314Keywords:
Pemberdayaan Perempuan, Santa Ursula, UrsulinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan perempuan melalui penerapan nilai-nilai spiritualitas Ursulin di SMA Santa Ursula Jakarta menimbang perlunya pemberdayaan perempuan di tengah maraknya diskriminasi terhadap perempuan. Artikel ini termasuk dalam jenis jurnal pendidikan dan sosial, dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami secara mendalam bagaimana nilai-nilai spiritualitas Ursulin (Serviam) diterapkan dalam proses pembentukan karakter siswi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Santa Ursula Jakarta secara konsisten mengintegrasikan nilai-nilai spiritualitas Ursulin dalam sistem pendidikannya. Hal ini tercermin dari keberhasilan sekolah tersebut dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pemberdayaan perempuan, baik dari aspek pendidikan akademis, pengembangan keagamaan, pengasahan minat dan bakat, peningkatan kemandirian, maupun keterlibatan sosial. Integrasi nilai-nilai ini tidak hanya membantu siswi menjadi individu yang berkarakter spiritual tinggi, beriman, dan berakhlak baik, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi perempuan berkualitas, berintegritas, dan memiliki karakter yang kuat. Kesimpulannya, penerapan nilai-nilai spiritualitas Ursulin di SMA Santa Ursula Jakarta dapat dijadikan model bagi institusi pendidikan lainnya dalam merancang sistem pendidikan yang berperspektif pemberdayaan gender melalui pendekatan spiritual. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan pendidikan berbasis nilai-nilai keagamaan yang mendukung pemberdayaan perempuan secara holistik.
References
Admin. (2024). Riwayat Santa Ursula. Diambil 13 November 2024, dari Santa Ursula Jakarta website: http://santaursulajakarta.sch.id/sma/index.php/page/riwayat-santa-ursula
Ahmad, S. (2019). DIMENSI PENGALAMAN BERAGAMA. TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman dan Ushuluddin, 16(1), 127–140. https://doi.org/10.15548/tajdid.v16i1.87
Arti kata daya—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2024). Diambil 13 Januari 2025, dari https://kbbi.web.id/daya
Arti kata pemberdayaan—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2024). Diambil 20 November 2024, dari https://typoonline.com/kbbi/pemberd-ayaan%20PEREMPUAN
Dermawan, A. M. (2016). Pemberdayaan Perempuan melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif. Raheema, 3(2). https://doi.org/10.24260/raheema.v3i2.569
Ekstakurikuler. (2024). Diambil 18 November 2024, dari http://santaursulajakarta.sch.id/sma/index.php/about-us/kegiatan-sekolah/ekstakurikuler
Farid, F. (2024). The Concept of Religious Experience by Rudolf Otto: A Phenomenological Approach. Jurnal Filsafat, 34(2), 235. https://doi.org/10.22146/jf.92141
Hawa, S. (2022). PERAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL MENURUT KONSEP ALBERT BANDURA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i1.203
Ibu Gita, I. G. (2024, November 13). Implementasi Nilai SERVIAM [Wawancara Langsung].
Ihsan, M. A. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT KONSERFATIF. Musawa: Journal for Gender Studies, 11(1), 14–33. https://doi.org/10.24239/msw.v11i1.441
Intrakurikuler. (2024). Diambil 18 November 2024, dari http://santaursulajakarta.sch.id/sma/index.php/about-us/kegiatansekolah/intrakuriku-ler
Jelahu, T. T., Prayitno, A. J., & Wuringningsih, F. R. (2023). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI INDONESIA. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 23(2), 119–131. https://doi.org/10.34150/jpak.v23i2.595
Karomi, K., Maulana, A. M. R., Faizah, P. N., Azheda, T., Prameswari, A., Almaas, A. C., … Dahni, A. (2022). Konsep Pembinaan Biarawati: Studi Kasus Religious of the Sacred Heart of Jesus Bandung. 2(2).
Katolik, J. P. (t.t.). JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK.
Maulana, A. M. R. (2013). Feminisme sebagai Diskursus Pandangan Hidup. 11(2).
Ordo Santa Ursula | Ursulin Indonesia. (2024). Diambil 12 November 2024, dari https://ursulinindonesia.or.id/sejarah-ursulin
Rasanjaya, D. (2019). PERAN WANITA KATOLIK REPUBLIK INDONESIA (WKRI) PAROKI SANTO YOHANES DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MANDIRI PEREMPUAN KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT. 7(4), 1525–1538.
Ratnasari, D. (t.t.). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN PESANTREN.
Riwayat Santa Ursula. (2024). Diambil 19 November 2024, dari http://santaursulajakarta-.sch.id/sma/inde-.php/page/riwayat-santa-ursula
Sejarah Sekolah. (2024). Diambil 18 November 2024, dari http://santaursulajakarta.sch.id/sma/index.php/page/sejarah-sekolah
Serviam. (2024). Diambil 18 November 2024, dari http://santaursulajakarta.sch.id-/sma/index.php/page/serviam
Sirumapea, M. H., & Pius X, I. (2023). Peran Guru dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Peserta Didik. In Theos : Jurnal Pendidikan dan Theologi, 3(9), 190–195. https://doi.org/10.56393/intheos.v3i9.1873
Stausberg, M., & Engler, S. (2011). The Routledge handbook of research methods in the study of religion. London New York: Routledge.
Sumardi. (2024a, November 13). Kendala yang dihadapi dalam menerapkan nilai urulin dalam pemberdayaan perempuan [Wawancara secara langsung].
Sumardi. (2024b, November 13). Penerapan Nilai Serviam [Wawancara Langsung].
Sumardi, S. (2024c, November 13). Angela Mericci dan Sejarah Ordo Santa Ursula [Wawancara Langsung].
Syauqi, M. (2022). PERAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA SUPM LADONG ACEH. 9(2).
Visi dan Misi. (2024). Diambil 18 November 2024, dari http://santaursulajakarta.sch.id/sma/index.php/page/visi-dan-misi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Khoerunnisa, Amalia Nur Azizah, Dita Dwi Alifia, Nabila Mahmud, Abdullah Muslich Rizal Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.