Peran Generasi Z dalam Pendidikan Agama Kristen di Tengah Disrupsi Teknologi

Authors

  • Novrini Gulo Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.274

Keywords:

Disrupsi Teknologi, Generasi Z, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara generasi Z belajar dan berinteraksi dengan dunia Dalam konteks ini, teknologi bukan hanya tantangan, tetapi juga alat yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman spiritual. Hal ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi pendidikan agama Kristen. Artikel ini akan membahas bagaimana pendidikan agama Kristen dapat beradaptasi dengan era digital untuk tetap relevan bagi generasi Z. Penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai dan kepercayaan Generasi Z berinteraksi dengan tradisi agama, serta implikasinya terhadap metode pengajaran dan keterlibatan komunitas gereja. Dengan demikian, artikel ini memberikan wawasan tentang potensi Generasi Z dalam memperbarui pendidikan agama Kristen untuk memenuhi kebutuhan zaman modern yang akan menganalisis tantangan seperti disinformasi online dan sekularisme, serta peluang seperti pengembangan konten kreatif dan kolaborasi lintas generasi.

References

Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. 2020. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 16(1):62–74. doi: 10.46494/psc.v16i1.72.

Ilat, Irene P., Mariana Lausan, Darmianus Harefa, Giovani Taaropetan, and Michael G. Patuwo. 2022. “Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Indonesia 304.” 8(4):304–10.

Kristyowati, Yuli, and MTh Sekolah Tinggi Theologi Indonesia Manado. 2021. “Generasi ‘Z’ Dan Strategi Melayaninya.” 02(1):23–34. doi: 10.31219/osf.io/w3d7s.

Kurniawaty, Julia Bea. 2024. “NASIONALISME DI ERA DIGITAL : TANTANGAN DAN PELUANG BAGI GENERASI Z INDONESIA Nationalism in the Digital Era : Challenges and Opportunities for Indonesia ’ s Generation Z.” Jagaddhita 3(2):1–9.

Reza, Fachrul, and Filo Leonardo Tinggogoy. 2022. “Konflik Generasi Z Di Bidang Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan Dan Solusinya.” PARADIGMA : Jurnal Administrasi Publik 1(2):142–55. doi: 10.55100/paradigma.v1i2.51.

Riris Debora Tamba. 2024. “PELUANG DAN TANTANGAN DALAM KARIR GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0.” Komunikasi 2(1):716–28.

Rudding, Risdayana, Femi Yanti Ramme, Delly Itania Ruben, and Sriweni Antika Masarrang. 2023. “TEKNOLOGI DAN HIDUP KUDUS: Bagaimana Generasi Z Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Dalam Era Digital.” Jurnal Kajian Pendidikan 1(1):14–25.

Waruwu, Kharisda Mueleni, and Priyantoro Widodo. 2022. “Ritornera Jurnal Pentakosta Indonesia.” RITORNERA JURNAL PENTAKOSTA INDONESIA Vol. 2(2):71–84.

Downloads

Published

15-11-2025

How to Cite

Gulo, N. (2025). Peran Generasi Z dalam Pendidikan Agama Kristen di Tengah Disrupsi Teknologi. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 223–232. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i2.274