Pendidikan Agama Kristen dan Realitas Virtual: Membangun Pengalaman Pembelajaran Iman yang Imersif di Dunia Digital
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.232Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Realitas Virtual, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi integrasi teknologi Realitas Virtual (VR) dalam Pendidikan Agama Kristen untuk memperkaya pengalaman spiritual peserta didik melalui pembelajaran imersif. Melalui metode library research, penelitian menganalisis literatur tentang peran teknologi realitas virtual dalam Pendidikan Agama Kristen untuk mengidentifikasi pendekatan pedagogis yang tepat dalam menghadapi tantangan teknologi digital. Novelty penelitian terletak pada fokus penggunaan realitas virtual untuk menciptakan simulasi tiga dimensi dari narasi Alkitab dan lingkungan spiritual yang memberikan kedalaman pengalaman iman yang sulit dicapai melalui media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan realitas virtual dapat menjadi mediator efektif bagi Pendidikan Agama Kristen di era digital, meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pengalaman visual interaktif yang memvisualisasikan peristiwa-peristiwa Alkitab dan konsep teologis kompleks. Kesimpulannya, teknologi realitas virtual berpotensi memperkaya pembelajaran iman, namun penting diimbangi dengan praktik spiritual tradisional seperti doa, refleksi, dan keterlibatan komunitas agar nilai-nilai dasar Pendidikan Agama Kristen tetap terpelihara dalam proses pembelajaran.
References
Adon, M. (2021). Peran Komunitas Kristen sebagai Jembatan Kasih di tengah Penderitaan Bangsa Indonesia. VOX DEI: Jurnal Teologi Dan Pastoral, 2(1), 63–83.
Allcoat, D., & Mühlenen, A. von. (2018). Learning in virtual reality: Effects on performance, emotion and engagement. Research in Learning Technology, 26, 1–13.
Basongan, C. (2022). Penggunaan Teknologi menurut Iman Kristen di Era Digital. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4279–4287.
Bilo, D. T. (2020). Korelasi Landasan Teologis dan Filosofis dalam Pengembangan Prinsip dan Praksis Pendidikan Agama Kristen. Phronesis Jurnal Teologi Dan Misi, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46
Connaway, L. S., & Radford, M. L. (2021). Research Methods in Library and Information Science. BLOOMSBURY.
GP, H. (2017). Teologi PAK: Metode dan Penerapan Pendidikan Kristen dalam Alkitab. ANDI.
Gulo, R. P., Mbelanggedo, N., & Rangga, O. (2025). Pembelajaran di Era AI: Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.53547/sksp9f81
Hamilton, D., McKechnie, J., Edgerton, E., & Wilson, C. (2021). Immersive virtual reality as a pedagogical tool in education: a systematic literature review of quantitative learning outcomes and experimental design. Journal of Computers in Education, 8, 1–32.
Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. PASCA, 16(1), 62–74.
Herlim, L. D. (2023). Praktik Metaverse dalam Pendidikan Agama Kristen. MANTHANO, 2(2), 94–106.
Ismail, J. K. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Kristen. Perpustakaan STT Arastamar Wamena.
Ismail, J. K. (2024). Pedagogis Imitatio Paulus. Penerbit Adab.
Lepa, R., Hartono, Tri, & Adijanto, Hery. (2022). Paradigma Spiritual Kristen di Era 5.0. Penerbit ANDI.
Nainggolan, A. M., & Janis, Y. (2020). Etika Guru PAK dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik. Jurnal CARAKA, 1(2), 152–163.
Ndruru, S. (2019). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sebagai Sentral Belajar yang Bermisi. Voice of HAMI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 32–44.
Padakari, S. L., & Korwa, F. (2025). Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen dalam Menjawab Tantangan Generasi Z. Imitatio Christo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 16–29. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.3
Pandie, R. D. Y., Sianipar, D., & Naibaho, L. (2022). Pendidikan Agama Kristen yang Membebaskan: Pedagogis Kritis Paulo Freire dalam Konteks Budaya Suku Boti. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 579–591. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.944
Parihala, Y. (2021). Menggali Makna Keluarga Allah dalam Dunia Alkitab dan Surat Efesus: Analisis Historis-biblis. Kurios, 7(1), 149–163. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.237
Ruru, A., & Bilo, D. T. (2023). Filsafat Pendidikan Agama Kristen sebagai Landasan dalam Proses Pembentukan Iman Siswa. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 172–189.
Siallagan, T. (2024). Menimbang Kesiapan Stakeholders Menerapkan Metaverse dalam Pendidikan Agama Kristen. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 13(2), 291–308.
Sianipar, D. (Ed.). (2024). Inovasi Pendidikan Agama Kristen di Era Artificial Intelligence. CV Widina Media Utama.
Simanjuntak, J. M. (2023). Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. ANDI.
Siregar, V. D., & Boiliu, F. M. (2023). Pendidikan Agama Kristen Humanis sebagai Pendekatan dalam Membina Sikap Toleransi Beragama. Regula Fidei, 8(1), 10–17.
Stefanus, D. (2009). Sejarah Pendidikan Agama Kristen: Tokoh-tokoh Besar PAK. Bina Media Informasi.
Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379–395. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464
Takaredas, O. (2024). Masa Depan Pendidikan Agama Kristen di Era Kecerdasan Buatan. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 49–67.
Tanasyah, Y., Putrawan, B. K., Sutrisno, S., & Iswahyudi, I. (2021). Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Masyarakat 5.0. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 3(2), 281–303.
Tefbana, A. (2021). Hubungan Peranan Guru PAK Dengan Pertumbuhan Iman Peserta Didik. Jurnal Luxnos, 4(2), 277–305.
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10.
Yuliana, D., & Gulo, R. P. (2024). Evolusi Metode Pengajaran Pendidikan Agama Kristen: Menyeimbangkan Tradisi Iman dan Teknologi Masa Depan. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 6(2), 167–181. https://doi.org/10.35909/visiodei.v6i2.532
Yuvan, S., Prasath, & Sathish, N. (2023). Research on App Development in Virtual Reality. International Journal of Scientific Research in Engineering and Management, 7(11), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rezeki Putra Gulo, Nelci Mbelanggedo, Oktavianus Rangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.