Korelasi Antara PAK Keluarga Dengan Pembentukan Karakter Anak

Authors

  • Ernavina Pelmelay Sekolah Tinggi Teologi Kharisma - Bandung

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, karakter anak , Keluarga Kristen

Abstract

Pendidikan Agama Kristen sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak. Dalam pembentukan karakter anak tentu tidak terjadi dengan instan atau dengan sendirinya melainkan butuh bantuan keluarga sebagai rekan yang paling terdekat. Pembentukan karakter melalui Keluarga harus diperhatikan di keluarga.  Pendidikan agama Kristen tidak semata-mata didapatkan di gereja saja atau komunitas Kristen, tetapi penanaman nilai-nilai kristiani dimulai dari keluarga. Dalam tulisan ini penulis menggunakan metode studi pustaka dalam membahas pentingnya PAK keluarga dalam pembentukan karakter anak. Hasil penelitian ini adalah untuk kesadaran keluarga Kristen bahwa PAK dalam keluarga sangatlah penting apalagi dalam pertumbuhan karakter anak. Dengan demikian jika anak mendapatkan PAK dengan baik dalam keluarga, anak dapat bersosialisasi dengan masyarakat dan terutama anak dapat bertumbuh dengan memiliki karakter Kristus.

References

Allen Shelly, Judith. “Kebutuhan Rohani Anak.” 27. Bandung: Kalam Hidup, 2003.

Daien Indrakusuma, Amir. “Pengantar Ilmu Pendidikan: Sebuah Tinjauan Teoritis Filosofis.” 109. Usaha Nasional, 1973.

Khan, Yahya. “Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.” 1. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Mansur, M.A. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.” 339. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Yaung, sarce, Pardomuan, G. N., & Sahureka, C. M. (2023). Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(1), 25–39. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jmcd/article/view/6

Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitriani. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini:Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas?” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 19.

Sianipar et al, Desi. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Di HKBP Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunita Servizio: Jurnal terkait dengan Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 2 (n.d.): 447–457.

Soedarsono, Soemarno. ““Character Building (Membentuk Watak): Mengubah Pemikiran, Sikap, Dan Perilaku Untuk Membentuk Pribadi Efektif Guna Mencapai Sukses Sejati.” 138. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2002.

Suwondo, Chandra. “Karakter Keindahan Sejari Dari Manusia.” 3. Jakarta: Metanoia, 2007.

Tafonao, Talizaro. “Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sangat Penting Untuk Diajarkan Kepada Anak-Anak, Baik Dalam Keluarga, Sekolah, Di Tempat Ibadah Dan Masyarakat, Agar Kelak Anak-Anak Dapat Menghadapi Setiap Problem Secara Kognitif, Afektif Dan Psik.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.

Tafonao, Talizro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 3 (2018): 129–131.

Tafsir, Ahmad. “Pendidikan Agama Dalam Keluarga.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Downloads

Published

30-05-2023

How to Cite

Pelmelay, E. (2023). Korelasi Antara PAK Keluarga Dengan Pembentukan Karakter Anak. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 31–37. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jrm/article/view/22