Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani

Authors

  • Sarce Tabita Yaung Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Gusti Nyoman Pardomuan Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani https://orcid.org/0000-0001-7205-1825
  • Cosye Meilina Sahureka Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i1.6

Keywords:

media visual, motivasi belajar, penelitian pengembangan, seni budaya

Abstract

Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan  di  luar  pengalaman  siswa  sehari-hari,  sehingga  materi  menjadi  sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Berbagai materi yang berkaitan dengan sejarah masa lalu akan lebih konkrit dan mudah dipahami apabila disampaikan oleh guru dengan media visual layaknya gambar dan foto. Metode penelitian yaang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket.adapun dalam penulisan ini menggunakan teknik kuantitatif,selanjutnya untuk menganalisis penulis menggunakan skala likert dan untuk menentukan hasil akhir menggunakan teknik analisi data. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran.

Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: adanya pengembagan baru dalam sistem belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik seperti media gambar,media audio,bahkan bisa dalam bentuk yang lainnya agar siswa lebih termotivasi dan menangkap materi dengan lebih baik.

Downloads

Published

14-04-2023

How to Cite

Yaung, S., Pardomuan, G. N., & Sahureka, C. M. (2023). Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(1), 25–39. https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i1.6