Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani
DOI:
https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i1.6Keywords:
media visual, motivasi belajar, penelitian pengembangan, seni budayaAbstract
Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Berbagai materi yang berkaitan dengan sejarah masa lalu akan lebih konkrit dan mudah dipahami apabila disampaikan oleh guru dengan media visual layaknya gambar dan foto. Metode penelitian yaang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket.adapun dalam penulisan ini menggunakan teknik kuantitatif,selanjutnya untuk menganalisis penulis menggunakan skala likert dan untuk menentukan hasil akhir menggunakan teknik analisi data. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran.
Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: adanya pengembagan baru dalam sistem belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik seperti media gambar,media audio,bahkan bisa dalam bentuk yang lainnya agar siswa lebih termotivasi dan menangkap materi dengan lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sarce Tabita Yaung, Gusti Nyoman Pardomuan, Cosye Meilina Sahureka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.