Peran Keluarga Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jemaat GKI EL-ROI Sentani Jayapura Papua

Authors

  • Bernard Labobar Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Krislina Pattipeiluhu Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

Keywords:

Keluarga Kristen, Anak Usia Dini , Karakter Anak

Abstract

Peran keluarga sangat dominan dalam mendukung dan membangun karakter anak. Hubungan positif yang dibangun sejak dini dalam keluarga memberikan kontribusi pada kemampuan anak dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran keluarga kristen dalam mengembangkan karakter anak usia dini di Jemaat GKI Elroi Sentani Kabupaten Jayapura Papua. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik mengumpulkan data yaitu observasi and wawancara. Wawancara dilakukan dengan teknik wawancara terfokus terhadap 20 keluarga yang memilki anak usia dini. Sedangkan observasi dilakukan terhadap anak usia dini di lingkungan keluarga, gereja, sekolah, dan sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran keluarga Kristen terhadap pembentukan karakter anak kurang optimal. Ada empat acuan yang digunakan dalam melihat pembetukan karakter anak yaitu kebiasaan beribadah, berdoa, pengenalan firman Tuhan, dan Penanaman Kasih. Keempat acuan tersebut belum menunjukkan kontribusi positif orangtua untuk memenuhinya. Pokok persoalan yang terjadi di Jemaat Elroi Sentani adalah, orang tua lebih sibuk dengan pekerjaan sehari-hari mereka sehingga megakibatkan perkembangan pembentukan karakter anak usia dini tidak berkembang dengan baik. Hal itu nampak dari perilaku anak terhadap orang tua/keluarga  dan sesamanya seperti, suka melawan orang tua, malas mengikuti ibadah sekolah minggu, mengucapkan kata tabuh, dan sebagainya

References

Adoe, Y. S., Sembodo, J., Tinggi, S., & Torsina, T. (2021). Peranan Keluarga Menurut Amsal 22 : 6 Dalam Pembentukan Karakter Anak. 1(1), 52–61.

Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab dan Dunia Masa Kini. Andi.

Kabanga, L., Wenda, D., & Labobar, M. W. (2022). Informative Function in the Contents of Preachers ’ Sermons in Jayapura Churches. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(3), 460–467.

Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187–198.

Muhammad, Y. (2016). Pendidikan Karakter Landasan Pilar Dan Implementasi (N. Nuraeni, Betti. Fatimah, Sitti. Ihsan (ed.)). Prenadamedia Group.

Mukti, G., Deak, V., Chukwu, S., & Tarigan, S. (2022). Peran dan Fungsi Orang Tua Kristen dalam Pembentukan Iman Anak. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 134–139.

Muslikhin. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1, 4.

Pardomuan, G. N. (2022). Penerapan Sistem Tugas dan Evaluasi (situasi) Sebagai Media Pembelajaran Daring Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani . KARIWARI SMART: Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 88-102. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.294.

Purwasih, W. (2021). Peran keluarga dalam pendidikan karakter era new normal. Jurnal Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 281–289.

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Pendidikan Islam, 6(1), 1–15.

Richards, L. (2007). Pelayanan Kepada Anak-Anak. Ministry Resources Library.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Wijanarko, J. (2018). Mendidik Anak Dengan Hati. Happy Holy Kids.

Downloads

Published

30-05-2023

How to Cite

Bernard Labobar, & Pattipeiluhu, K. (2023). Peran Keluarga Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jemaat GKI EL-ROI Sentani Jayapura Papua. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 38–45. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jrm/article/view/21