Tindakan Preventif Dalam Menghindari Kekerasan Guru Kepada Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.217Keywords:
Menghindari Kekerasan, Tindakan Pencegahan, Kekerasan GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menunjukkan bagaimana PAK membantu menghindari kekerasan Guru kepada anak di sekolah. Penelitian ini diajukan untuk sekolah di Indonesia sebagai pemahaman yang komprehensif seberapa efektif nilai-nilai pendidikan agama Kristen dalam menghentikan atau memerangi kekerasan terhadap anak sekolah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan studi kepustakaan. Oleh karena itu, temuan menunjukkan bahwa kekerasan masih terjadi pada anak sekolah. Akibatnya, pengajaran agama Kristen sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai Kristen untuk membantu siswa menjadi lebih baik. Diharapkan guru pendidikan agama Kristen dapat menunjukkan kemampuan mereka dengan membantu siswa yang membutuhkan bimbingan, terutama di tengah maraknya kekerasan pada anak sekolah yang terjadi di kota-kota besar. Siswa akan merasa disayangi dan memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan agama Kristen jika guru membantu mereka sebagai sahabat dan mentor. Siswa akan mudah bersahabat dan menyayangi orang lain.
References
Haryanto, A. (2022). Kasus Kekerasan Guru SMPN kepada Siswa Terjadi di Cimahi, Kadisdik: Selesai dengan Mediasi.
Salau, T., Keo, G. D., Labre, B., & Fanggitasik, D. D. (2023). Pelatihan Asertif Bagi Remaja: Upaya Preventif Tindakan Kekerasan di Sekolah. Warta LPM, 453–461. https://doi.org/10.23917/warta.v26i4.2455
stevina, A. (2023). Kasus Kekerasan di Sekolah Terjadi Lagi, Guru Celupkan Tangan Siswa ke Air Mendidih—Nasional Tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1756637/kasus-kekerasan-di-sekolah-terjadi-lagi-guru-celupkan-tangan-siswa-ke-air-mendidih
Adoe, Osaribka, and Sonya Debora Atty. 2023. “Mengatasi Masalah Bullying Di Kalangan Remaja Melalui Konseling Kristen.” Jurnal Teologi Injili 3 (1): 25–36. https://doi.org/10.55626/jti.v3i1.49.
Apriadi1, dan Muammar Khadafie. 2020. “Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa.” 2020. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:1VljQkIAwEcJ:scholar.google.com/+Cara+mengatasi++kekerasan+Guru+pada+siswa&hl=id&as_sdt=0,5.
Arthur, Arthur. 2014. “JURNAL TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEKERASAN YANG DILAKUKAN OKNUM GURU TERHADAP MURID DI SEKOLAH Diajukan Oleh : ARTHUR RIONALDI N.” 2014. https://scholar.googleusercontent.-com/scholar?q=cache:rnMWfuVZNAIJ:scholar.google.com/+Cara+mengatasi++kekerasan+Guru+pada+siswa&hl=id&as_sdt=0,5.
Bine’, Asriani, Selprianti Parapasan, Yelsi Embong Bulan, Krisdayanti Betri Mule, and Meli Takke. 2023. “STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANGANI BULLYING PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 TANA TORAJA.” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (3): 575–89.
Boiliu, Fredik Melikias, Rini Sumanti Sapalakkai, Go Heeng, Elisya Nita Anugrahni, Nia Lorena br Hutagalung, Matias Crishtuver, Sepril Oksar Saroro, et al. 2023. “Pendampingan Guru Melalui Pembelajaran Pak Dalam Meningkatkan Karakter Kristiani Peserta Didik Di Sd Tunas Baru.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 5 (1): 27–34. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.217.
Dewanto, Yogi. 2022. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Teologi Rahmat 8 (1). https://journal.sttrem.ac.id/index.php/jtr/article/view/59.
Dian Mustika Maya. 2016. “MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELINGDALAM KONTEKS KELEKATAN SEBAGAI UPAYA PENINGKAATAN PSIKOLOGISEKOLAH SISWA.”
Djira, Imelda Marina, Delsylia Tresnawaty Ufi, Kurniawati Aseleo, Rita, Merling Tonia Litron Litos Conthes Messakh, Eritka A. Nulik, Amedniada Haekase, et al. 2023. “Penyuluhan Agama Kristen sebagai Psikoedukasi kepada Anak dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMPTK Tarus.” I-Com: Indonesian Community Journal 3 (4): 1536–44. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3267.
Faisal, Nursariani Simatupang. 2021. “KEBIJAKAN NONPENAL DALAM RANGKA UPAYA PREVENTIF ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN FISIK DAN PSIKIS DI SEKOLAH (Nonpenal Policy For P.” 2021. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:rMbq67m0NjYJ:scholar.google.com/++Upaya+untuk+mengatasi+kekerasan++Guru++di+sekolah+++menegah+atas&hl=id&as_sdt=0,5.
Hattu, Justitia Vox Dei. 2022. “Klarifikasi nilai dan pencegahan radikalisme dalam dunia pendidikan (sekolah menengah) di Indonesia.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8 (1): 68–81. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.466.
Hilmin dan Dwi Noviani. 2022. “KOMUNIKASI TRI PUSAT PENDIDIKAN UPAYA MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP SISWA DI SEKOLAH.” 2022. http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:XrMNHkhTU7gJ:scholar.google.com/+Upaya++mengatasi+kekerasan++Guru++di+sekolah++menegah+atas&hl=id&as_sdt=0,5.
Hutagalung, Stimson. 2022. “TELATAH PERILAKU: UPAYA PREVENTIF MENJAGA PERANGAI ANAK MUDA MENURUT 1 KORINTUS 6:19,20.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 14 (1): 73–87. https://doi.org/10.36928/jpkm.v14i1.899.
Hutagalung, Stimson, and Rolyana Ferinia. 2021. “Pengaruh dekadensi moral terhadap pendidikan karakter dan bimbingan konseling pada siswa Kristen.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7 (1): 178–94. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.217.
Indrianto, Indrianto, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Upaya Preventif Pornografi.” DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1 (1): 38–52. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.1.
Legi, Ribka Ester, and Anita Grays Pantow. 2022. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1 (2): 131–45.
Leonard, Leonard, Basuki Wibawa, and Suriani Suriani. 2019. “Model Dan Metode Pembelajaran Di Kelas” 1 (0). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/10214.
Lumbantoruan, Wandri. 2021. “Peran Pendidik Kristen Terhadap Dampak New Morality Dari Era Digital.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2 (1): 49–59. https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.78.
Putnarubun, Adolfina, Wehelmina Carolina Rengrengulu, and Yeheskiel Suruan. 2022. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA.” EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi 7 (2): 519–42. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57.
Rahmelia, Silvia, Stephanus Prihadi, and Nopitha Nopitha. 2023. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4 (1): 40–50. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142.
Sembiring, Lena Anjarsari, and Simon Simon. 2022. “Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen dalam Membantu Pemulihan Traumatis Korban Pelecahan Seksual.” Jurnal Shanan 6 (1): 25–44. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3624.
Silaban, Apen, Julius Adrian Parapat, and Luhut Simarmata. 2023. “KONTRIBUSI PAK DALAM MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TEOLOGI KRISTEN (SMPTK) ANUGERAH SINAGOGE TAHUN PELAJARAN 2022/2023.” PROVIDENSI : Jurnal Pendidikan Dan Teologi 6 (2): 16–29. https://doi.org/10.51902/providensi.v6i2.239.
Simanjuntak, Junihot M., Yanto Paulus, Victor Deak, Rivosa Santosa, Anne Yance Pesik, Dede Raminton, Lismawati Waruwu, Riris Ariesta Monalisa Sihite, and Tomas Alianus Lafau. 2021. “PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPK BINTANG MULIA MEKAR WANGI BANDUNG SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENEGUHAN PANGGILAN HIDUP KRISTEN.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 2 (1): 72–83. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.199.
Sitorus, Ricky Ivan Kristian, and Yusak Tanasyah. 2023. “Pendampingan Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di Sekolah Dasar Benih Pengharapan Lembang Jawa Barat.” SERVIRE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1): 47–58. https://doi.org/10.46362/servire.v3i1.134.
Stefanus, Tonny Andrian. 2021. “KONSELING ALKITABIAH LUKA BATIN DAN RELEVANSINYA DENGAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN (SMTK) WAIKABUBAK SUMBA BARAT.” Jurnal PKM Setiadharma 2 (1): 17–25. https://doi.org/10.47457/jps.v2i1.111.
Talakua, Martha Anthoneta. 2023. “Mendidik Anak Tanpa Kekerasan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4 (1): 233–47. https://doi.org/10.46305/im.v4i1.177.
Triadi, dkk. 2024. “PENDAMPINGAN BELAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN MEMBENTUK KARAKTER SISWA | Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat,” January. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/6544.
Yamada, Salsa, and Rr Nanik Setyowati. 2022. “Peran Guru Dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri.” Journal of Civics and Moral Studies 7 (1): 30–43. https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p30-43.
Hattu, J. V. D. (2022). Klarifikasi nilai dan pencegahan radikalisme dalam dunia pendidikan (sekolah menengah) di Indonesia. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.466
Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Pengaruh dekadensi moral terhadap pendidikan karakter dan bimbingan konseling pada siswa Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.217
Indrianto, I., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam upaya Preventif Pornografi. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.1
Rahmelia, S., Prihadi, S., & Nopitha, N. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142
Silaban, A., Parapat, J. A., & Simarmata, L. (2023). KONTRIBUSI PAK DALAM MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TEOLOGI KRISTEN (SMPTK) ANUGERAH SINAGOGE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. PROVIDENSI : Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.51902/providensi.v6i2.239
Stefanus, T. A. (2021). KONSELING ALKITABIAH LUKA BATIN DAN RELEVANSINYA DENGAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN (SMTK) WAIKABUBAK SUMBA BARAT. Jurnal PKM Setiadharma, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47457/jps.v2i1.111
Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30–43. https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p30-43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lukas Apdi Pranoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.