Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menangani Permasalahan Orang Dewasa Awal Yang Mengalami Stress dan Depresi Pada Fase Quarter Life Crisis

Authors

  • Otniel Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta https://orcid.org/0009-0009-3220-4546
  • Nita Lastriani Golu Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Juni Putri Zega Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Denistina Halawa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Astri Natkaru Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.196

Keywords:

Quarter Life Crisis, Dewasa Awal, Peran Pendidikan Kristen

Abstract

Dewasa awal merupakan masa dimana setiap individu akan mengalami transisi remaja ke dewasa. Pada masa ini dewasa awal akan mengalami banyak hal yang yang berpengaruh pada kehidupan individu, sehingga individu akan mengalami Quarter Life crisis. Quarter Life Crisis ini sering terjadi pada bidang pekerjaan maupun bidang akademik yang berdampak pada individu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran pendidikan agama Kristen dalam menangani permasalahan orang dewasa awal yang mengalami stress dan depresi pada fase quarter crisis life. Subjek pada penelitian ini adalah orang dewasa awal dengan usia 20-30 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.  Pendekatan kualitatif yaitu dengan menelaah kasus yang ada serta menafsirkan hasil dari pengumpulan data dan informasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pendidikan agama Kristen mengambil peran untuk mengatasi dewasa awal yang mengalami Quarter Life crisis. Dengan Pendidikan agama Kristen berperan untuk dapat memahami konsep-konsep dalam memberikan dukungan sebagai fasilitator baik dalam aspek intelektual, emosional, sosial, maupun mental spiritual.

References

Akin, G. G. (2023). PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRISTEN DALAM MENGHADAPI QUARTER-LIFE CRISIS PADA USIA DEWASA AWAL. Voice, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.54636/teologi.v3i2.60

Apa itu Quarter Life crisis? Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya. (t.t.). Diambil 29 Mei 2024, dari https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-quarter-life-crisis/index.html

Boiliu, F. M., & Pasaribu, M. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Jemaat di Era Digital. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i2.1518

Budiyana, H. (2020). Peran Psikologi dalam Pendidikan Kristen di Sekolah Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(1), 79–91.

Damayanti, A. K., & Lestari, H. S. (2023). Pengambilan Keputusan Karir dan Quarter Life crisis Pada Masa Dewasa Awal. PSIKOVIDYA, 27(2), Art. 2. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v27i2.235

Dupe, S. I. S. (2020). Konsep Diri Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Zaman. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.26

Edwina, O. I. P., & Sembiring, T. (2021). Peran Mindset terhadap Resiliensi Keluarga pada Dewasa Awal. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), Art. 2.

Ermita, R., Rifani, R., & Hamid, H. (2022). Hubungan Religiusitas dan Dukungan Sosial terhadap Quarter Life crisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Psikologi Islam, 9(2), Art. 2. https://doi.org/10.47399/jpi.v9i2.224

Fazira, S. H., Handayani, A., & Lestari, F. W. (2023). Faktor Penyebab Quarter Life crisis Pada Dewasa Awal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13500

Gunawan, W. (2018). PASTORAL KONSELING: DESKRIPSI UMUM DALAM TEORI DAN PRAKTIK. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.37368/ja.v2i1.63

Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran religiusitas terhadap quarter-life crisis (QLC) pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 129–138.

Herawati, I., & Hidayat, A. (2020a). Quarterlife Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1036

Herawati, I., & Hidayat, A. (2020b). Quarterlife Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1036

Hidayat, H. M., Hidayat, A. N., Fahrurozi, R., & Hartati, D. (2024). Strukturalisme Genetik: Eksplorasi Keterkaitan Teks Sastra dan Realitas Sosial dalam Puisi “Jika Kau Izinkan”, “Remuk”, “Rigen” pada Buku Kumpulan Puisi Akheiron Karya Rifki Syarani Fachry. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9877–9892. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13885

Intarti, E. R. (2016). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI MOTIVATOR. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), Art. 2.

Jannah, C. N. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Quarter Life crisis Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo Angkatan 2019 [Diploma, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/24055/

Mengenal Quarter Life crisis, Penyebab, & Cara Menghadapinya. (t.t.). Diambil 29 Mei 2024, dari http://www.ocbc.id/id/article/2021/04/08/quarter-life-crisis

Mustangin, M. (2018). Kajian perencanaan pendidikan orang dewasa pada program kesetaraan paket C PKMB Jayagiri Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.18556

Nabila, A. (2020). Self Compassion: Regulasi Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Fase Quarter Life crisis. Jurnal Psikologi Islam, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.47399/jpi.v7i1.96

Nanariain, T. A., & Pardosi, M. T. (2024). Peran Konseling Pendeta dalam Bimbingan Rohani dan Kebiasaan Positif Bagi Pemuda Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.54170/harati.v4i1.182

Nazira, D., Mawarpury, M., Afriani, A., & Kumala, I. D. (2022). LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA DI BANDA ACEH. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i1.25102

Nugsria, A., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Quarter Life crisis pada dewasa awal: Bagaimana peranan kecerdasan emosi? INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), Art. 1.

Pamawang, R. P. (2023). PENGARUH HOPE TERHADAP QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA AKHIR DI KOTA MAKASSAR [Thesis, UNIVERSITAS BOSOWA]. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7583

Qonita, D. N., & Pupitadewi, N. W. S. (2022). Hubungan Quarter Life crisis Dengan Turnover Intention Pada Generasi Milenial Kota Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 1–12.

Rahmah, A. F. R., Sukiatni, D. S., & Kusumandari, R. (2023). Quarter Life crisis pada early adulthood: Bagaimana tingkat resiliensi pada dewasa awal? INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), Art. 4.

Ramadhan, N. A. (2022). Teknik merawat kualitas diri pada dewasa awal: Belajar dari pengalaman. Journal of Indonesian Psychological Science Volume, 3(2), 146.

Rantauwati, H. S. (2020). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU MELALUI KUBUNGORTU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951

Riyanto, A., & Arini, D. P. (2021). ANALISIS DESKRIPTIF QUARTER-LIFE CRISIS PADA LULUSAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1). https://doi.org/10.33024/jpm.v3i1.3316

Salamah, A., Sunarti, E., & Riany, Y. E. (2023). PENGARUH TIPOLOGI KELUARGA DAN LINGKUNGAN RAMAH KELUARGA TERHADAP RESILIENSI DEWASA AWAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 16(3), Art. 3. https://doi.org/10.24156/jikk.2023.16.3.199

Sallata, J. M. M., & Huwae, A. (2023). RESILIENSI DAN QUARTER LIFE-CRISIS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), Art. 5. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i5.4725

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.155

Settersten, R., & Ray, B. E. (2010). Not Quite Adults: Why 20-Somethings Are Choosing a Slower Path to Adulthood, and Why It’s Good for Everyone. Random House Publishing Group.

Siagan, I. O., & Abia, M. A. (2022). HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA MAHASISWA KOS SARJANA KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN IMMANUEL BANDUNG. Journal of Nursing and Midwifery Sciences, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.54771/jnms.v1i2.659

Sigalingging, J., & Raranta, J. E. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Keluarga terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, dan Karakter Anak. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), Art. 6. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4103

Syifa’ussurur, M., Husna, N., Mustaqim, M., & Fahmi, L. (2021). MENEMUKENALI BERBAGAI ALTERNATIF INTERVENSI DALAM MENGHADAPI QUARTER LIFE CRISIS: SEBUAH KAJIAN LITERATUR [DISCOVERING VARIOUS ALTERNATIVE INTERVENTION TOWARDS QUARTER LIFE CRISIS: A LITERATURE STUDY]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59027/jcic.v1i1.61

Wijaya, R. B. A. (2021). KONSEP DIRI PADA MASA DEWASA AWAL YANG MENGALAMI MALADAPTIVE DAYDREAMING. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 12(2), Art. 2. https://doi.org/10.15548/alqalb.v12i2.2865

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

s, O., Golu, N. L. G., Zega, J. P. Z., H, D. H., & N, A. N. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menangani Permasalahan Orang Dewasa Awal Yang Mengalami Stress dan Depresi Pada Fase Quarter Life Crisis. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 193–206. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.196