Strategi Guru PAK Dalam Mengajar Siswa Disabilitas Tuna Rungu (Tuli)

Authors

  • Siprianus Kesabaran Zega Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta Utara

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.193

Keywords:

Disabilitas, Guru PAK, Metode Pembelajaran, Strategi Guru PAK, Tuna Rungu Tuli

Abstract

Penelitian ini terkhusus kepada siswa dengan kondisi disabilitas tunarungu tuli (hard of hearing) yang berfokus pada strategi Guru pendidikan agama kristen dalam mengajar dan memberikan pembelajaran dengan metode visual serta memprioritaskan tuna rungu (tuli) untuk dapat memperoleh materi pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk memberikan solusi kepada guru pendidikan agama kristen untuk dapat mempunyai strategi belajar terkhusus kepada siswa disabilitas tunarungu tuli (hard of hearing). Penelitian ini yang menggunakan metode kualitatif yang dianalisis dan dipertanggung jawabkan, untuk memberikan gambaran kepada guru pendidikan agama kristen bahwa siswa dengan keterbatasan mendengar dengan sisa kemampuan dengan dapat mereka bisa dan berhak mendapatkan pembelajaran pendidikan agama kristen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dibutuhkan seorang guru yang harus kreatif, sabar, dan punya ide menarik dalam memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa.

References

Angelia Widyastuti, P., & Widiana, I. W. (2020). Analisis Peran Tutor Sebaya Terhadap Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu. Journal of Education Technology, 4(1), 46. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24083

Azizah, A. N., Amalia Rahma Karim, Rahmawati3, A. N., Dara Khoerunisa, Desilawati, D. N., Sri Sobiah₆, Ginting, L. A., & Bramianto Setiawan. (2024). Pola Komunikasi Yang Efektif Dalam Rangka Pengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Bagi Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kab. Bekasi. CendikiaJurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4).

Cendaniarum, W. B., & Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3).

Herawati, K. (2016). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (pak) Bagi Etiket Pergaulan Anak. Jurnal Scripta Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 1(2).

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454

M.Anshari. (2022). Pesantren, Santri, Dan Disabilitas. The 4th Annual Postgraduate Conference on Muslim Society.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). PENGARUH MEDIA VISUAL PADA MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Nikolaos, N., & Arifianto, Y. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.26

Pers, S. (2020). Siaran Pers Komnas Perempuan: Pekan Tuli Internasional Dan Hari Bahasa Isyarat Internasional (23 -29 September 2020). Komnas Perempuan | Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-pekan-tuli-internasional-dan-hari-bahasa-isyarat-internasional-23-29-september-2020

Purba, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Kristen (pak). Jurnal Teologi Pondok Daud, 6(1).

Riu, A. S. & Rounauly Marbun. (n.d.). Alkitab Sebagai Dasar Utama Guru Pak Dalam Mengajar. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 9(1), 2023.

Sari, D. R., ,Erni Ropidianti Sianturi2, & ,Dorlan Naibaho3. (2023). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Sesuai Keteladanan Yesus Kristus. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2).

Sinaga, B. M. V., Sianturi, C. K., Gunawan, D., Tarigan, R. B., & Panjaitan, S. M. B. (2023). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Hak-Hak Disabilitas Melalui Mini Project Ramah Disabilitas. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i3.1447

Situmeang, E., Simanjuntak, E. T. R., & Naibaho, D. (2023). GURU PAK SEBAGAI KONSELOR TERHADAP MASALAH PESERTA DIDIK (REMAJA) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/243

Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Penerapan Bahasa Isyarat Dalam Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Journal of Disability Studies and Research (Jdsr), 2(1).

Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55583/jkip.v4i1.627

Baniati, H., Isnaini, M., & Fauzi, M. (2023). Problematika Problematika Tugas Mengajar Dengan Bidang Keahlian Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.455

Haan, E. B. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini. Shalom: Jurnal Teologi Kristen, 2. https://doi.org/10.56191/shalom.v2i1.17

Hafidah, N. (2023). Perlindungan Hukum Anak Penyandang Disabiltas terkait Hak Pendidikan. JALUJUR: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.

Hutabarat, J. P., Sianipar, G. R., & Turnip, H. (2023). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGAJAR SISWA (2 TIMOTIUS 3: 10-17). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), Article 4.

Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi Spritualitas dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24

Riu, A. S., & Marbun, R. (2023). Alkitab Sebagai Dasar Utama Guru PAK Dalam Mengajar. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.58374/sepakat.v9i1.134

Ruku, A. Y. R. (2021). TANGGUNG JAWAB GURU DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PAK DI SEKOLAH MENURUT MATIUS 28:19-20. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), Article 1.

Salsabilla, A., & Badriyah, L. (2024). Peran Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Era Globalisasi. NUSANTARA, 6(2), 35–44.

Zega, B. D., Purba, C. W., & Naibaho, D. (2023). Peranan Guru Pak Dalam Menciptakan Pembelajaran Interaktif Dan Inovatif. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), Article 2.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Zega, S. K. (2024). Strategi Guru PAK Dalam Mengajar Siswa Disabilitas Tuna Rungu (Tuli). REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.193