Peran Konselor Kristen Dalam Mengdampingi Anak Tunarungu Untuk Pengembangan Konsep Diri
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.190Keywords:
Anak Tunarungu, Pengembangan Konsep Diri, Peran Pendampingan Konselor KristenAbstract
Penelitian ini terkhusus kepada anak dengan kondisi disabilitas tunarungu yang berfokus pada peran Konselor Kristen dalam mendampingi anak disabilitas khsususnya anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan agar konselor melakukan pendampingan kepada anak tunarungu dalam pengembangan konsep diri. Pengumpulan datanya menggunakan metode sourcing dan konstruksi dari berbagai sumber, seperti buku, majalah, dan penelitian yang telah dilakukan Melalui pendekatan studi kepustakaan dengan menggunakan teori-teori yang telah dikumpulkan sebelumnya maka strategi yang digunakan dalam pendampingan konselor terhadap anak tunarungu adalah Konselor harus memahami pengalaman dan tantangan khusus penyandang tunarungu, membangun hubungan baik, dan memberikan dukungan serta empati terhadap pengalaman mereka.Kemampuan berkomunikasi yang terbatas yang dimiliki anak tunarungu khususnya pada kemampuan komunikasi verbal menjadi suatu alasan bagi mereka dalam menggunakan bahasa nonverbal (isyarat) untuk berinteraksi satu sama lainnya.Upaya yang dilakukan konselor dalam pengembangan Konsep Diri Tunarungu Menggunakan Metode Psikologi Berbasis Pengetahuan Sistematis Kepribadian Tunarungu untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Tunarungu.
References
Abdul Fattah Nasution. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.
Anisa Eka Oktavia, E. S. (2023). Metode Bahasa Isyarat Dalam Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Anak Tunarungu di Kawasan Minoritas Muslim Papua. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7605306
Awwad, M. (2015). URGENSI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. 7(1).
Cahya, L. S. (n.d.). Buku Anak Untuk ABK (7th ed.). Familia 2013.
Cahyono, B. D., & Budiyana, H. (2023). Strategi Pendidikan Kristen bagi Anak Berkebutuhan Khusus Slow Leaner. Jurnal Teologi Berita Hidup, 6(1), 346–366. https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i1.429
Chairunisa, D. F., Futri, I. C., Utami, S. A., Wati, V., & Asvio, N. (2023). RAGAM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DAN PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU SERTA CARA MENGATASINYA DI SEKOLAH ALAM MAHIRA BENGKULU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1644
Dea Fadilla Chairunisa, Indah Cahyani Futri, Sherly Arlena Utami, Vera Wati, & Nova Asvio. (2023). RAGAM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DAN PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU SERTA CARA MENGATASINYA DI SEKOLAH ALAM MAHIRA BENGKULU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 498–510. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1644
Desa, M. V. (2021a). PENDAMPINGAN PASTORAL BAGI ANAK TUNANETRA DI YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG. Jurnal Pelayanan Pastoral, 2(2), 74–82. https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.265
Flowerina, I. (2023). Analisis Proses Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Tunarungu dalam Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal di SLB Negeri 1 Padang. 3(1).
Gita Pralistyo Putri, A., Yuliyati, Y., & Purbaningrum, E. (2023). Pengembangan Literasi Bahan Ajar Tema 1 Diriku Berbasis Aplikasi Lip Motion Bagi Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16396
Hastuti, R. D. (n.d.). Pelayanan Gereja: Kebutuhan Pendampingan Pastoral Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Tunadaksa).
Hernawati, T. (n.d.). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU.
Hidayati, D. W. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Usia 12-15 Tahun Di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.54
Ibrahim, A. S., & Winarsih, S. (2013a). DISORDER PRAGMATIK ANAK TUNA RUNGU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS. LITERA, 11(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v11i2.1058
Iskandar, R., & Supena, A. (2021). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 124. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018
Mahmud, D. A., Husain, W., Sos, S., & Kom, M. I. (n.d.). PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALOPO.
Mullasari, S. (2021). REALITY COUNSELING APPROACH AS A PREVENTIVE EFFORT FOR PEOPLE WITH DISABILITIES. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(2), 86–101. https://doi.org/10.18326/pamomong.v2i2.86-101
Moores, D. F. (n.d.). EDUCATING THE DEAF: PSYCHOLOGY, PRINCIPLES, AND PRACTICES.
mudjiyanto 2018, B. (n.d.). POLA KOMUNIKASI SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BAGIAN B KOTA JAYAPURA.
Novalina, N. (2021). PEMEROLEHAN BAHASA PENDERITA TUNA RUNGU DAN TUNA WICARA (KAJIAN PRAGMATIK PADA KOSAKATA DAN FONETIS ). LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.455
Putri, C. J., Syahputri, L., & Surahman. (2021). Bimbingan Membaca Terhadap Abk Tuna Rungu. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 8–15.
Putri, S. S., Supena, A., & Yatimah, D. (2019). Dukungan sosial orangtua anak tunarungu usia 11 tahun di SDN Perwira Kota Bogor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 20. https://doi.org/10.29210/120192318
Rahmah, F. N. (2018a). PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA. QUALITY, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Ratu, A., Risakotta, M. L., Hutabarat, C., & Tandana, E. (2021). Pengaruh Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Indonesia Journal of Religious, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.46362/ijr.v4i2.5
Ria Lestari, N. W. (2023). Implementasi Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(3), 323–333. https://doi.org/10.37329/kamaya.v6i3.2389
Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018a). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 80. https://doi.org/10.23916/08408011
Sukadiyanto, S. (1998). Kempuan Biomotor Anak Normal dan Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 28(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7247
Tinenti, M. L., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (n.d.). Pendampingan Pastoral untuk Peningkatan Spiritualitas Kaum Tunarungu.
Verina, N. O. (n.d.). Halaman Judul Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta 2023.
Cendaniarum, W. B. (2020). PENGELOLAAN LAYANAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA TUNARUNGU. 08.
Nugroho, I. S., Luvita, W. F., & Hanif, M. H. M. (2021). METODE PEMBELAJARAN TEMATIK DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU. Mozaic : Islam Nusantara, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i1.178
Ronald Patiar Hutabarat & Rencan Carisma Marbun. (2025). Pendampingan Pastoral Konseling kepada Orang Tua yang Memiliki Anak Penyandang Disabilitas dengan Pendekatan Clien – Centered. Anugerah : Jurnal Pendidikan Kristiani dan Kateketik Katolik, 2(1), 82–101. https://doi.org/10.61132/anugerah.v2i1.619
Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i1.1764
Zega, S. K. (2024). Strategi Guru PAK Dalam Mengajar Siswa Disabilitas Tuna Rungu (Tuli). REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.193
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Sunta Saitauma, Wantring Guani, Marlina Saogo, Erik Santoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.