Kekudusan Hidup Seperti Yesus Sebagai bentuk Profesionalisme Guru PAK
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.180Keywords:
Profesionalisme Guru, Kekudusan Hidup, Pendidikan Agama KristenAbstract
Profesionalisme guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) menjadi elemen krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk karakter siswa. Teladan yang diharapkan dari seorang guru PAK adalah kekudusan hidup seperti Yesus Kristus. Artikel ini menguraikan hubungan antara profesionalisme guru PAK dengan kekudusan hidup sebagai teladan, sebagaimana yang diajarkan dalam Alkitab. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Hasilnya menunjukkan bahwa kekudusan hidup menurut Alkitab merujuk pada pemisahan dari dosa dan kejahatan, serta menjadi seperti Yesus Kristus yang kudus. Profesionalisme guru PAK mencakup kompetensi kepribadian, di mana teladan menjadi aspek kunci. Guru PAK dituntut untuk hidup dalam kekudusan dan meneladani kehidupan Yesus. Kekudusan hidup menjadi landasan bagi profesionalisme guru PAK, yang kemudian diimplementasikan dalam memberikan teladan kepada siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencapai kekudusan hidup, diperlukan pengenalan diri dan pengontrolan diri, serta kesadaran akan pentingnya mematuhi ajaran Alkitab dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, menjadi kudus seperti Yesus adalah bentuk profesionalisme yang sejati bagi guru PAK.
References
Alawiyah, F. (2012). KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v3i1.259
Amri, S. (2022). Lenong: Masa Lampau, Masa Kini dan Masa Depan - Komedi Betawi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Arti kata kudus—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (t.t.). Diambil 14 Maret 2024, dari https://kbbi.web.id/kudus
Barus, A. (2014). PANGGILAN DAN RESPONS MANUSIA: Jurnal Amanat Agung, 10(2), Article 2.
Brian Rivan Assa. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prinsip Memelihara Kesucian Dalam 1 Petrus 1:16 Di Era Disrupsi | Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK). https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/jupak/article/view/104
Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab.
Djama, E. (t.t.). KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI TATA KRAMA PESERTA DIDIK.
Donobakti, Y. A., & Sinurat, R. C. (2016). KESETIAAN DALAM PERKARA KECIL SEBAGAI JALAN KEKUDUSAN. LOGOS, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.54367/logos.v13i1.1481
Dr. Sutiono, M.Pd. (2021). View of Profesionalisme Guru. https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/1569/925
Efferi, A. (2015). MODEL PENDIDIKAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. QUALITY, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v3i2.1905
Eka Elfa Putri. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM PROFESI GURU DAN DOSEN TERHADAP PEMBERIAN IMBALAN YANG TIDAK WAJAR DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN | Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance. http://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/247
Fransiska, L., & Prabowo, Y. S. (2021). Makna Kekudusan Menurut 1 Petrus 1:13-25. Miktab: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33991/miktab.v1i1.276
Haan, E. B., & Arifianto, Y. A. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa kini. Shalom: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.56191/shalom.v2i1.17
Harahap, T. N., & Pasaribu, A. G. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMANTAPAN MAHASISWA KRISTEN. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 10548–10559.
Hasan, S. (2022). Profesi Dan Profesionalisme Guru. uwais inspirasi indonesia.
Ii, F. R. (2021). Eksistensi Yesus Kristus dalam Perjanjian Baru. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53827/lz.v4i1.25
Kaharuddin. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi | Kaharuddin | Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4489
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2024, Maret 16). Upaya Bersama Kemendikbudristek dan Dharma Wanita Persatuan Lawan Kekerasan di Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/03/upaya-bersama-kemendikbudristek-dan-dharma-wanita-persatuan-lawan-kekerasan-di-satuan-pendidikan
Lase, F. (2016). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PROFESIONAL. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(1), Article 1. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3655
M.Th, S. M. M. (t.t.). Umat Allah Sebagai Imamat Rajani: Refleksi atas 1 Petrus 2:9. Uwais Inspirasi Indonesia.
Nona Merjuna Sianipar. (2023). View of PROFESIONALISME GURU PAK DALAM MENGUASAI BAHAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/241/240
Pardosi, D. M., & Naibaho, D. (2023). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI SEBAGAI TUGAS KEPROFESIONALAN. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i1.437
Pardosi, M. T. (2020). Kekudusan Dalam Pemahaman Ellen G. White. Jurnal Koinonia: Fakultas Filsafat Universitas Advent Indonesia, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.35974/koinonia.v12i2.2560
Santoso, G. F. (2019). PERAN ROH KUDUS DALAM PENGUDUSAN.
Sirait, J. E. (2022). Hakikat Panggilan Guru Agama Kristen untuk Memberitakan dan Mengajar Kasih Allah. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.46307/rfidei.v7i1.77
Situmorang, J. (2021). Kamus Alkitab dan Theologi: Memahami Istilah-istilah Sulit dalam Alkitab dan Gereja. PBMR ANDI.
Situmorang, J. T. H. (2021). Doa Bapa Kami Bukan Sekadar Doa Liturgi: Menjadikan Doa Bapa Kami Sebagai Gaya Hidup Doa Sehari-hari. PBMR ANDI.
Sutiono. (2021). Profesionalisme Guru | Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam. https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/1569
Tafonao, T. (2020). Yesus Sebagai Guru Teladan dalam Masyarkat Berdasarkan Perspektif Injil Matius. Khazanah Theologia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.8390
Tamera, D. M., Rivela, A. L., Santoso, S., Sabdono, E., & Waruwu, A. T. M. (2024). Biblical Entrepreneurship: Dasar dalam Memulai Bisnis bagi Anak Muda Kristen Usia 18-25 Tahun. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.47167/kharis.v6i2.241
Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44
Tantani Binti Longkiad. (2022). IMAMAT: PANGGILAN “ISTIMEWA” KEPADA KEKUDUSAN | Jurnal Filsafat dan Teologi Katolik. https://ejurnal.stikassantoyohanessalib.ac.id/index.php/juftek/article/view/27
Waruwu, N. (2022). ESENSI KEMANUSIAAN YESUS DALAM MAKNA KETIDAKBERDOSAAN. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51730/ed.v6i1.88
witness lee, Yasperin. (2021). Pelajaran-Hayat Keluaran—Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Pelajaran_Hayat_Keluaran/Y3ovEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kekudusan+menurut+alkitab&pg=PT1302&printsec=frontcover
Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agustihana Delvryance, Marse, Herlis Djawa Rama Awang, Cristian Seldjatem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.