Dasar Psikologi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Delpi Novianti Sekolah Tinggi Teologi Kadesi, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.175

Keywords:

Psikologi, Pengembangan Profesi Guru, Guru PAK

Abstract

Pendidik merupakan salah satu unsur pokok dalam proses penjaminan mutu pendidikan. Dalam hal ini guru dalam kontribusinya menjadi salah satu faktor utama dalam mencapai tujuan sebuah pendidikan yang telah ditetapkan. Kesuksesan menghasilkan peserta didik sebagai sumber daya manusia yang kompetitif dan berkualitas tergantung para pendidik dalam usahanya untuk menciptakan atau membentuk peserta didik yang demikian sangat tergantung pada kualitas penyelenggaraan kegiatan atau proses belajar mengajar di sekolah dan lembaga pendidikan masyarakat lainnya. Sedangkan dalam kenyataannya sulit untuk dibantah bahwa kualitas kegiatan atau proses belajar mengajar tersebut, sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh faktor guru dalam mengimplementasikan jabatan atau pekerjaan sebagai sebuah profesi. Guru atau tenaga kependidikan yang mengemban peran profesional sangatlah untuk mempersiapkan diri sebagai tenaga pendidik yang kompeten. Untuk menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan tentunya menjadi guru yang telah memenuhi syarat atas kualifikasi guru maka tidak hanya sebatas mengandalkan kemampuan dari salah satu unsur. Guru harus terus mengembangkan dirinya dari berbagai sisi. Termasuk dalam keterampilan kepribadian. Mengenai keterampilan kepribadian ini tidak terlepas dari ilmu psikologis. Metode   yang   digunakan  adalah   metode  deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, dalam kajian ini akan dibahas demikian: a). Dasar psikologis dalam pengembangan profesi keguruan; b). Kompetensi guru dalam psikologis; dan c). Tujuan dan maksud psikologi dalam pengembangan diri seorang guru.

References

Ananda, Rusydi. 2018. Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Anggito, Albi & Setiawan, Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anon. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Esther Rela Intarti. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4(1):36–46.

Junihot Simanjuntak. 2016. Psikologi Pendidikan Agama Krsiten. Yogyakarta: ANDI.

Lumban Gaol, N. T., & Nababan, A. (2019). Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 89–96. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p89-96

Marliani, Rosleny. 2014. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Purwanto, M. Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, Euis. 2015. “Profesionalisme Guru Dalam Mengenal Perkembangan Siswa Sebagai Subjek Belajar.” Jurnal Edueksos IV(2):1–11.

Rahma, U., Y. P. Dara, U. B. Press, and U. B. Media. 2017. Psikologi Pendidikan: Aplikasi Teori Di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Sakerebau, Junier. 2018. “Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1(1):96–111. doi: 10.34307/b.v1i1.22.

Sukirman, Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Kemenag.

Sitanggang, A. A., & Naibaho, D. (2023). Membangun karakter Kristen: Peran kompetensi profesional guru pendidikan agama Kristen. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 12-12.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28-40.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tong, Stephen. 2012. Arsitek Jiwa II. Surabaya: Momentum.

Utomo, B. S. (2017). (R) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 102-116.

Waruwu, A. T. M., & Hura, O. (2022). Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik dan Mental. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 145–153. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295

Downloads

Published

31-05-2025

How to Cite

Novianti, D. (2025). Dasar Psikologi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.175