Peran Hamba Tuhan dalam Mengantisipasi Perceraian di Dalam Gereja

Authors

  • Saroha Ida Ike Siregar Sekolah Tinggi Teologia Baptis Papua

Keywords:

Peran Hamba Tuhan, Deskriptif Kualitatif, Perceraian, Keluarga Kristen

Abstract

Keluarga adalah sebuah bentuk komunitas yang penting dalam suatu pondasi yang dapat diterapkan bagi nilai-nilai agama dan budaya yang membantu seseorang menemukan identitasnya sendiri karena keluarga didirikan atas dasar cinta dan keterbukaan  terhadap anugerah Tuhan dalam kehidupan. Umumnya masyarakat berpandangan bahwa pernikahan dilaksanakan sebagai syarat hukum, adat, Negara dan agama. Bagi orang Kristen pemahaman yang benar tentang pernikahan harus didasarkan pada Alkitab. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, tulisan ini memaparkan mengenai Peran Hamba Tuhan dalam mengantisipasi perceraian dalam gereja. Hamba Tuhan harus mengetahui keberadaan keluarga-keluarga yang bercerai ditengah jemaat dan masyarakatHasil temuan adalah Kewajiban seorang Hamba Tuhan adalah menunjukkan pengertian pergumulan yang dihadapi jemaat di dalam gereja. Dalam pernikahan peran Hamba Tuhan sangatlah penting bagi jemaatnya agar tidak terjadi perceraian. Karena sebelum memasuki pernikahan, hamba Tuhan lebih dahulu harus memberikan pengarahan kepada kedua mempelai supaya mempersiapkan diri untuk masuk dalam pernikahan. Apabila kedua mempelai itu sudah memperdalam pengetahuan tentang iman satu sama lain maka tiap-tiap orang tinggal dalam imannya sendiri.

References

Scheunemann, D.Romantika Kehidupan Suami-Istri.Malang:Gandum Mas,1987.

Lindsay, Gordon.Marriage, Divorce & Remarriage,Jakarta:Ditej.YPI Immanuel,1993.

Stott, John, Isu-Isu Global.Jakarta: Yayasan Bina Kasih/OMF,1999.

Pardomuan, G. N. P. N. (2020). Sistem Personalisasi E-Learning Berorientasi Felder Silverman Learning Style Model Pada Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 167-177.

Pekker, Robert J.Divorce & The Christian-What The Bible Teaches.Wheaton Illinois:Tyndale House,1980.

Octavianus,P.Identitas Kebudayaan Asia dalam terang Firman Allah.Batu Malang:YPII,1985.

Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 6, no. 1 (2017): 1–6.

Wright, H.norman. So You’re Getting married.California:Regal Book,1985.

Yaung, sarce, Pardomuan, G. N., & Sahureka, C. M. (2023). Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(1), 25–39. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jmcd/article/view/6

Downloads

Published

30-05-2023

How to Cite

Siregar, S. I. I. (2023). Peran Hamba Tuhan dalam Mengantisipasi Perceraian di Dalam Gereja. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 23–30. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jrm/article/view/17