Pornografi dan Kualitas Guru Kristen Sebagai Teladan Hidup Bagi Siswa

Authors

  • Yesaya Adhi Widjaya Universitas Pelita Harapan
  • Yehuda Adriel Tumanggor Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.111

Keywords:

Pornografi, Adiksi, Memutus Rantai, Guru, Teladan

Abstract

Dewasa ini pornografi menjadi isu besar yang seringkali tidak terlalu digubris dalam masyarakat dibanding isu-isu sosial lainnya. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa konsumsi pornografi merupakan hal yang wajar dan tidak terlalu penting untuk diberikan perhatian tinggi. Bahkan sebagian besar masyarakat dunia yang merupakan kalangan dewasa muda mulai mentoleransi dan memaklumi konsumsi pornografi sebagai usaha pemenuhan kebutuhan seksual manusia yang memang seharusnya diterima sejak dulu. Padahal kalangan ini yang berada pada posisi paling ideal untuk memutus ikatan rantai adiksi ini karena mereka yang sedang memegang peranan besar dalam berbagai profesi di dalam masyarakat. Memang ada beberapa kelompok profesi yang menolak pornografi secara terang-terangan, salah satunya adalah profesi guru, namun kenyataannya banyak guru dalam kehidupan pribadinya tetap mengkonsumsi pornografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Oleh sebab itu muncul pertanyaan tentang bagaimana guru seharunya memposisikan dirinya sebagai penuntun generasi berikutnya.

References

Adijanto, H. (2018). Pentingnya Pengajaran dan Pendidikan Seksualitas Alkitabiah Bagi Orang Kristen. Jurnal Salvation, 1(1).

Alfie, A. R. T., & Sanjaya, E. L. (2019). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kecenderungan Seks Pranikah Pada Remaja Di Pesantren Islam X, Asrama Katolik Y, dan Asrama Kristen Z. Psychopreneur Journal, 3(2), 73-80.

Asnati, A., Somantik, H., & Mau, M. (2024). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Memberikan Pendidikan Seks Kepada Peserta Didik Di SMAS Rentawan Jelimpo. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 3(1), 67-79.

Creagh, S. (2004). Pendidikan seks di SMA DI Yogyakarta. Yogyakarta: Australian Consortium for in Country Indonesian Studies.

Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Pearson.

Foucault, M. (1980). power and knowledge (ed). Harvester Press.

Haryatmoko. (2016). Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis): Landasan, Metodologi, dan Penerapan. PT. Rajagrafindo Persada.

KOSWARA, R. D. (2023). Peran Guru Dalam Menanggulangi Keterpaparan Anak Terhadap Pornografi (Studi Kasus di SDN Pasir Wetan dan SDN 1 Sokanegara Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Langi, W. L. (2022). Peran Guru Agama Kristen Dalam Penguatan Nilai Religius Siswa Dalam Lingkup Pendidikan di SDN 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11(3).

Leobisa, J., Baun, S., Lopis, Y. S., & Saingo, Y. A. (2023). Tantangan Penggunaan Media Sosial di Era Disrupsi dan Peran Pendidikan Etika Kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 32-40.

Mochtar, V., Tulung, J. M., Thomas, A., & Rogahang, H. (2021). Pastoral Edukatif Mengenai Seksual dalam Pembentukan Identitas Remaja Kristiani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 351-361.

Mukhlis, M., Masjid, A. Al, Widyaningrum, H. K., Komariah, K., & Sumarlam, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Model Teun A.Van Dijk pada Surat Kabar Online dengan Tajuk Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 8(2), 73–85. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5867

Nadeak, B., Sormin, E., Naibaho, L., & Deliviana, E. (2020). Sexuality in education begins in the home (pendidikan seksual berawal dalam keluarga). Jurnal Comunita Servizio, 2(1), 254-264.

Putri, Sapen Sartika Unyi., Rosyidin, M., & Alfian, M. F. (2022). Praktik Diskursif Amerika Serikat dalam Membangun Narasi Terorisme Global : Studi Kasus Kejahatan oleh Ali Muhammad Brown dan Stephen Craig Paddock. Journal of International Relations, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.14710/jirud.v8i1.32891

Sarasati, R. (2020). Analisis wacana kritis dalam pembelajaran: Peran AWK pada pembelajaran literasi kritis, berpikir kritis, dan kesadaran berbahasa kritis. HUMANIKA, 19(1), 20–29. https://doi.org/10.21831/hum.v19i1.30156

Simanjuntak, E., & Prayitno, I. S. P. (2022). Peran Guru Sekolah Minggu terhadap Pendidikan Seks bagi Anak Sekolah Minggu Usia Dini. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 5(2), 169-192.

Sianturi, R. N., & Sidabutar, H. (2019). Perilaku Seksual Pranikah di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 72-86.

Silaswati, D. (2019). Analisis Wacana Kritis dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 1–10. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/124

Supradi, Simanjuntak, B., & Yusrah. (2020). Analisis Wacana Kritis Pidato Nadiem Makarim 2019. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 2(2), 71–78. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/-index.php/Sintaksis/article/view/126

Tangkulung, F. (2020). PERAN GURU PAK DALAM PENCEGAHAN SEKS BEBAS DI SMA NEGERI I REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA. APOLONIUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 1-11.

Thomas, L., & Wareing, S. (2004). Language, society and power: An introduction. Routledge.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Widjaya, Y. A., & Tumanggor, Y. A. (2024). Pornografi dan Kualitas Guru Kristen Sebagai Teladan Hidup Bagi Siswa. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.111