Analisis Motivasi dan Semangat Belajar Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter di PAUD Bunda Yosepina Suwae Dosay
DOI:
https://doi.org/10.69748/ki.v1i2.414Keywords:
Pendidikan karakter, Motivasi belajar, Anak usia dini, Guru PAUD, Semangat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan karakter dalam membentuk motivasi dan semangat belajar anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan tiga guru di PAUD Bunda Yosepina Suwae Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai teladan dan fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan empati. Proses pembelajaran berbasis karakter dilaksanakan melalui kegiatan bermain, bernyanyi, bercerita, serta pembiasaan positif yang terintegrasi dalam rutinitas harian. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang konsisten dan kontekstual dengan budaya lokal mampu menumbuhkan motivasi intrinsik anak, mendorong mereka lebih aktif, antusias, dan mandiri dalam belajar. Secara teoritis, hasil penelitian ini memperkuat pandangan tentang pentingnya self-determination dalam motivasi, serta gagasan Bandura dan Vygotsky mengenai peran lingkungan sosial dan keteladanan dalam pembentukan perilaku belajar. Oleh karena itu, pendidikan karakter tidak hanya membentuk kepribadian anak, tetapi juga menjadi fondasi utama bagi tumbuhnya motivasi dan semangat belajar anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Samsiah Kapaur, Evelien Fitri Ugadje, Ria Imelda Simanjuntak, Bernard Labobar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


