| Editorial Team |
| Focus and Scope |
| Reviewer |
| Peer Review Process |
| Author Guidelines |
| Contact Us |
| Policy Of Screening |
| Copyright Notice |
| Author Fees |
| Open Acces Statement |
| Publication Ethics |
ABOUT THE KHOMBO IME JOURNAL
KHOMBO IME: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan ilmu dan praktik pendidikan anak usia dini (PAUD), serta menjadi wadah publikasi bagi hasil penelitian, gagasan konseptual, telaah pustaka, maupun pengalaman praktis dari dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan.
Nama Khombo Ime diambil dari istilah dalam bahasa Sentani yang berarti “rumah tempat belajar.” Dalam tradisi masyarakat Sentani, Khombo Ime merupakan institusi pendidikan adat yang diperuntukkan bagi anak laki-laki terpilih untuk menerima pendidikan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, keadilan, kebijaksanaan, serta pengetahuan praktis seperti berburu, bertani, memahami batas wilayah adat, hingga kemampuan membaca dan menulis. Filosofi Khombo Ime mencerminkan semangat pembelajaran holistik yang menanamkan nilai budaya, etika, dan keterampilan hidup sejak usia dini.
Dalam konteks jurnal ilmiah, KHOMBO IME mengusung semangat yang sama sebagai “rumah belajar” ilmiah atau sebuah ruang akademik untuk mendidik, mendokumentasikan, dan menyebarluaskan pengetahuan yang mendalam dan kontekstual tentang pendidikan anak usia dini. Setiap artikel yang dipublikasikan diharapkan membawa nilai kejujuran akademik, keberpihakan pada perkembangan anak, dan kebijaksanaan dalam menyikapi tantangan praktik PAUD di berbagai konteks sosial dan budaya.
Ruang Lingkup Jurnal Kami:
KHOMBO IME: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini memuat tulisan-tulisan ilmiah di bidang PAUD, yang mencakup namun tidak terbatas pada topik-topik berikut:
- Desain dan pengembangan program PAUD
- Strategi dan pendekatan pembelajaran anak usia dini
- Inovasi media pembelajaran untuk PAUD
- Kurikulum pendidikan anak usia dini
- Aspek psikologi perkembangan anak usia dini
- Evaluasi dan asesmen dalam konteks PAUD
- Manajemen dan pengelolaan lembaga PAUD
- PAUD berbasis kearifan lokal dan budaya daerah
- Pendidikan matematika untuk anak usia dini
- Pendidikan anak usia dini bagi anak berkebutuhan khusus
Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November, dan terbuka bagi penulis dari berbagai latar belakang akademik dan praktis yang memiliki komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia, terutama dalam penguatan nilai-nilai lokal dan konteks budaya sebagai bagian dari pembelajaran anak.
KHOMBO IME Indexed by:
Current Issue
Articles
-
Implementasi Game Wordwall untuk Mendukung Keterlibatan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran
-
PDF
|
Abstract View: 33 times,
PDF Download: 0 times
| Published: 2025-11-14
DOI :
https://doi.org/10.69748/ki.v1i2.356
-
PDF
|
-
Membangun Keterampilan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Kelompok di TK Negeri Pembina Senggi
-
PDF
|
Abstract View: 18 times,
PDF Download: 1 times
| Published: 2025-11-14
DOI :
https://doi.org/10.69748/ki.v1i2.367
-
PDF
|
-
An Analysis of Teachers’ Efforts in Developing Educational Play Tools at PAUD Maranatha Mararena Sarmi
-
PDF
|
Abstract View: 2 times,
PDF Download: 1 times
| Published: 2025-11-15
DOI :
https://doi.org/10.69748/ki.v1i2.417
-
PDF
|


