Membangun Keterampilan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Kelompok di TK Negeri Pembina Senggi
Keywords:
Keterampilan Motorik Kasar, Permainan berkelompok, Gross motor skills, Cooperative playAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana permainan kelompok dapat membangun keterampilan motorik kasar anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina Senggi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 15 anak dan 3 guru sebagai partisipan penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kelompok mampu mendukung peningkatan kemampuan motorik kasar anak, terutama pada aspek kecepatan, kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan kepercayaan diri, semangat kebersamaan, serta kerja sama sosial anak selama bermain. Keberhasilan pengembangan motorik kasar melalui permainan kelompok dipengaruhi oleh keterlibatan aktif guru sebagai fasilitator dan kondisi lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi gerak anak. Implikasinya Adalah permainan kelompok menjadi strategi yang mendukung dan kontekstual dalam pembelajaran anak usia dini, dengan dampak positif tidak hanya pada aspek fisik, tetapi juga sosial-emosional anak.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 albertina Insyur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
						

 
