Implementasi Game Wordwall untuk Mendukung Keterlibatan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran
Abstract
Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting yang menentukan kualitas hasil belajar pada anak usia dini. Salah satu upaya inovatif untuk meningkatkan keterlibatan tersebut adalah melalui pemanfaatan media digital berbasis permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi game Wordwall dalam mendukung keterlibatan siswa usia dini selama kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas B berusia 5-6 tahun dan satu guru di Al Fath Islamic Preschool. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif selama tiga kali pertemuan pembelajaran menggunakan game Wordwall serta wawancara mendalam dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall mampu meningkatkan antusiasme siswa, mendorong keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan memperbaiki pemahaman materi. Kendati demikian, ditemukan kendala berupa kurangnya pendampingan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran berbasis game di rumah. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang berdampak positif terhadap motivasi dan keterlibatan siswa, serta menegaskan perlunya kolaborasi yang lebih baik antara guru dan orang tua untuk memaksimalkan implementasi game edukatif di PAUD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isna Dian Nugraheni, Dio Ardhiansyah, Ida Sofiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
						

 
