Analisis Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak Usia Dini

Authors

  • Marselina Batbual Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, STAKPN Sentani, Jayapura
  • Real Tomas Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Jayapura
  • Ria Imelda Simanjuntak Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Jayapura
  • Bernard Labobar Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.69748/ki.v1i1.332

Keywords:

Pendidikan moral, Teladan, Motivator, Komunikator, Fasilitator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pendidikan moral anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua puluh orang yang merupakan orang tua anak usia dini dengan latar belakang pendidikan SMP dan SMA sederajat yang bekerja sebagai petani dan ibu rumah tangga. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan empat peran orang tua dalam pendidikan moral anak usia dini yaitu sebagai teladan, motivator, komunikator, dan fasilitator. Orang tua perlu memiliki kesadaran yang tinggi untuk bisa melakukan keempat peran tersebut. Konsisten merupakan kunci agar pendidikan moral anak dapat tertanam dengan baik. Selain itu orang tua perlu terus meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca arah pertumbuhan anak yang telah banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Kolaborasi yang efektif antara orang tua dan guru di sekolah akan memberikan dampak yang lebih baik terhadap perkembangan moral anak.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Batbual, M., Tomas, R., Simanjuntak, R. I., & Labobar, B. (2025). Analisis Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak Usia Dini . KHOMBO IME: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.69748/ki.v1i1.332