Implementasi Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Berhitung bagi Anak Usia Dini di PAUD Elim Nendali

Authors

  • Susana Feronika Worembay Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, STAKPN Sentani, Jayapura
  • Paula Wally Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, STAKPN Sentani, Jayapura
  • Inggrid Melyani Arfayan Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, STAKPN Sentani, Jayapura
  • Evelien Fitri Ugadje Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.69748/ki.v1i1.327

Keywords:

Aplikasi Wordwall, Berhitung, Anak Usia Dini, Matematika AUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi wordwall dalam mengembangkan keterampilan berhitung anak usia dini di PAUD Elim, Kampung Nendali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak usia 5-6 tahun yang di ajarkan menggunakan aplikasi wordwall dalam tiga sesi pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi aktivitas anak selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi wordwall efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung anak usia dini. Sebelum menggunakan aplikasi, sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam mengenali angka dan menghitung benda. Namun, setelah tiga sesi pembelajaran anak-anak menunjukan kemajuan yang signifikan dalam mengenali angka 1-10, mencocokkan angka dengan jumlah benda, dan menyelesaikan soal penjumlahan sederhana. Aplikasi wordwall yang interaktif dan menyenangkan mampu menarik perhatian anak –anak, meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa aplikasi wordwall merupakan alat pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mendukung perkembangan matematika pada anak usia dini.

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Worembay, S. F., Wally, P., Arfayan, I. M., & Ugadje, E. F. (2025). Implementasi Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Berhitung bagi Anak Usia Dini di PAUD Elim Nendali. KHOMBO IME: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.69748/ki.v1i1.327