Kriteria Dan Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Mendidik Anak Usia 1-5 Tahun

Authors

  • Sabda Budiman Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang Kal-Bar
  • Bukari Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang Kal-Bar
  • Erla Junita Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang Kal-Bar

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v1i2.84

Keywords:

Anak Usia 1-5 Tahun, Guru Sekolah Minggu, Kriteria, Pembentukan Pribadi

Abstract

Pembentukan pribadi anak memainkan peran yang sangat penting bagi perilaku anak ketika dewasa. Secara khsusu pendidikan anak usia 1-5 tahun, di mana pada masa ini, anak memiliki daya tangkap yang kuat. Pembentukan pribadi anak juga terjadi secara rohani. Salah satu yang bertanggung jawab atas pembentukan anak secara rohani adalah guru sekolah minggu. Namun tidak semua orang dapat menjadi guru sekolah minggu, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang guru sekolah minggu usia 1-5 tahun. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguraikan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh guru sekolah minggu usia 1-5 tahun dan perannya dalam pembentukan rohani anak. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data yaitu buku-buku dan jurnal-jurnal. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa guru sekolah minggu yang baik adalah seorang yang telah lahir baru, dewasa secara rohani, dan memiliki kecakapan dalam mengajar. Peran guru sekolah minggu dalam mendidik anak usia 1-5 tahun yaitu membentuk kepribadian anak, membentuk kedisiplinan rohani anak, dan menumbuhkan pengenalan akan Tuhan yang benar kepada anak.

References

Adiyati, R., & Wahyu, Y. (2021). Karunia Menasehati Dalam Konseling Pastoral. Jurnal Kala Nea, 2(2), Article 2.https:/doi.org/10.61295/kalanea.v2i2.118

Aji, O. K. (2016). Being Radical for Jesus. ANDI.

Anjaya, C. E. (2021). Pendidikan Kristen dalam Kearifan Lokal Falsafah Jawa Upaya Membangun Iman Keluarga. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(2), Article 2.

Bawole, S. (2020). TANGGUNG JAWAB GURU SEKOLAH MINGGU DALAM KEHIDUPAN SPIRITUAL ANAK. Tumou Tou, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.51667/tt.v7i2.459

Budiman, S., & Susanto, S. (2021). Strategi Pelayanan Pastoral di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Pertumbuhan Gereja yang Sehat. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 11(2), Article 2.

Darmawan, I. P. A. (2014). Menjadi Guru yang Terampil. Kalam Hidup.

Douglas, J. D. (1962). Ensiklopedia Alkitab Masa Kini. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Faoth, A. (2022). Refleksi Pemaknaan Hidup Baru dalam Pandangan Paulus. Jurnal Antusias, 7(2), Article 2.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (1989). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. BPK Gunung Mulia.

Gunawan, A. (2017). Pemuridan Dan Kedewasaan Rohani. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.47596/solagratia.v5i1.52

Herwanto, L. I. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Anak. Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.47562/edk.v10i1.80

Hia, M. (2022). Syarat-syarat menjadi Manusia Baru di dalam Kristus menurut Bapa-bapa Philokalia. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.53814/eleos.v2i1.12

Hutapea, J. T., Kusumaningtyas, S. D., & Ohorella, N. R. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI GURU SEKOLAH MINGGU HKBP KARAWANG DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK PADA PELESTARIAN BUDAYA BATAK. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), Article 2.

Ipiana, Triposa, R., & Lumingkas, G. G. (2021). Peran Guru Sekolah Minggu dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Minggu di Era 4.0. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(1), Article 1.

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657

Kreeft, P., & Tacelli, R. K. (2000). Pedoman Apologetika Kristen 1. Kalam Hidup.

Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. Jurnal Teologi Gracia Deo, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i2.9

Kurniawan, F., Ricard, R., Napriadi, N., Widyawati, N. K. S., & Sagala, L. D. J. F. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Berdasakan 2 Timotius 3: 10-17. Jurnal Kala Nea, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.61295/kalanea.v2i2.114

Lie, R. (2022). Metode Baru untuk Menghubungkan Peserta Didik dengan Iman Kristen. Jurnal Kala Nea, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.61295/kalanea.v3i2.89

Marampa, E. R. (2021). PERAN ORANGTUA DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEROHANIAN PESERTA DIDIK. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Pandie, D. A., & Han, L. K. (2020). Urgensi dan Model Penginjilan di Masa Pandemi Covid-19. LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37731/log.v2i1.46

Riana, H. D. (2021). Menjadi Dewasa Secara Spiritual. Semper Reformanda, 3(1), Article 1.

Ricards, L. O. (2007). Pelayanan kepada Anak-Anak. Kalam Hidup.

Rumondor, B. A., & Christine, O. (2022). PERANAN TUTOR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 1-5 TAHUN DI PPA ID-273 NATANAEL JIKO BOLTIM. JURNAL RUMEA : Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 2(2), Article 2. http://jurnal.stakam.ac.id/index.php/Rumea/article/view/-102

Sidjabat, B. S. (2008). Membesarkan Anak dengan Kreatif. ANDI.

Sunarti, S., & Yanti, N. A. (2021). Analisa Konseptual Tentang Karunia Mengajar. Jurnal Kala Nea, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.61295/kalanea.v2i2.117

Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44

Tong, S. (2016). Roh Kudus, Suara Hati Nurani, dan Setan. Momentum.

Widiyanto, M. A., & Nostry, N. (2021). Strategi Pelayanan Guru Sekolah Minggu Bagi Pertumbuhan Rohani Anak. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.83

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Budiman, S., Bukari, & Junita, E. (2023). Kriteria Dan Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Mendidik Anak Usia 1-5 Tahun. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.69748/jrm.v1i2.84