Sumbangsih Keteledanan Paulus Terhadap Guru Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Yanuar Ada Zega Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Setia Jakarta
  • Nehemia Nome Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Setia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.69748/jrm.v1i2.78

Keywords:

Paulus, Pendidik Kristen , Teladan

Abstract

Keteladanan Pendidik Kristen merupakan suatu modelling bagi peserta didik dalam mengembangkan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kelalaian pendidik Kristen saat ini kurangnya kesesuaian antara kata dan fakta. Pentingnya keselarasan antara kata dengan perbuatan sangat berpengaruh besar bagi seorang pendidik kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan atau literatur melalui penelusuran teori-teori dan hasil penelitian yang berkaitan dengan kehidupan Rasul Paulus sebagai pendidik jemaat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasikan keteladanan Rasul Paulus dan kedekatan dirinya kepada Tuhan yang lebih dulu melakukan hal-hal penting dalam pengajaran, semestinya pendidik mampu dalam beberapa aspek: wawasan yang luas sebagai dasar utama dalam pengajarannya, kecakapan sebagai suatu implementasi praktis yang mudah dipahami, kevisioneran yang bersifat preventif dan antisipatif dalam mengahadapi masa dinamika yang datang dalam pertumbuhan iman jemaat dan peserta didik.

Paul, Christian Education, Exemplary

References

Andar Ismail. (2009). Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik – Mendidik. BPK Gunung Mulia.

Annetta Stack Anne Jordan, O. C. (2008). Pendekatan Pembelajaran: Panduan untuk Guru. Uiversitas Terbuka.

Bruce Milne. (1993). Mengenal Kebenaran. BPK Gunung Mulia.

Charles Schaifer. (2002). Bagaimana Membimbing Dan Mendidik Anak Secara Efektif. Restu Agung.

Guthrie, D. (1996). Tafsiran Alkitab Masa Kini, Volume 3. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Hendrawan, A. Y. M. (2021). Jurnal Pemimpinan Indonesia PERAN KEPEMIMPINAN VISIONER YANG MELAYANI DALAM MENDIDIK DAN MENGHASILKAN CALON PEMIMPIN YANG MEMILIKI KARAKTER KUAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 Ari Yunus Hendrawan , Mambang , Riang Hati Waruwu , dan Eva Wulani Pebrianti STMIK. 2(4), 577–597.

J. Darminta. (2006). Praksis Pendidikan Nilai. Kanisius.

J.R. Dummelow. (1936). The One Volume Bible Commentary. Macmillan Publishing Company.

Jang, K., Rosenfeld, J. V. & Di Ieva, A. (2020). Paulus of Aegina and the Historical Origins of Spine Surgery. In World Neurosurgery (Vol. 133). https://doi.org/10.1016/j.wneu.2019.10.026

Karuntu, M. M., Saerang, D. P. . & Maramis, J. B. (2022). PENDEKATAN GROUNDED TEORI: SEBUAH KAJIAN PRINSIP, PROSEDUR, DAN METODOLOGI. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41425

Lawrence O. Richards. (1980). Teologi Pendidikan Kristen. The Zondervan.

M Nurdin. (2005). Pendidikan Yang Menyebalkan. Ar-Ruzz Media.

Nome, N. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Proses Pembelajaran. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(1).

Sendjaya. (2004). Kepemimpinan Kristen: Konsep, Karakter Dan Kompetensi. Kairos.

Sihombing, W. F. (2020). Sejarah Penafsiran Ajaran Paulus Mengenai Pembenaran Oleh Iman. Jurnal Teologi Cultivation, 4(1). https://doi.org/10.46965/jtc.v4i1.222

Silalahi, J. N. (2019). PAULUS SANG ENTREPRENEUR: Pembuat Tenda Sebagai Jembatan Penginjilan. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.9

Sostenis Nggebu. (2002). Dari Betsaida Sampai Ke Yerusalem: Karakter 20 Tokoh Perjanjian Baru. Kalam Hidup.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

W. Gulo. (2002). Strategi Belajar-Mengajar. Grasindo.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Yanuar Ada Zega, & Nome, N. (2023). Sumbangsih Keteledanan Paulus Terhadap Guru Pendidikan Agama Kristen. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 112–122. https://doi.org/10.69748/jrm.v1i2.78