Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengajar dan Membentuk Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.69748/jrm.v2i2.174Keywords:
Profesionalisme, Guru Pendidikan Agama Kristen, Karakter SiswaAbstract
Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana menjadi guru yang profesional di lingkungan PAK dalam mengajar, mendidik dan membentuk karakter peserta didik sesuai dengan ajaran Alkitab (berkarakter Kristus). Sebab Pada realitanya guru belum menjadi guru yang profesional dalam konteks pendidikan agama Kristen untuk memimpin peserta didik. Guru PAK tidak memberi pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, tidak kreatif, tujuan PAK dan memperlengkapi setiap peserta didik untuk menjadi pribadi yang Tuhan inginkan. Guru yang mengajar tidak sesuai bidang keahliannya sehingga kualitas mutu pendidikan tidak tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel, buku-buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang profesional yaitu guru yang memiliki berbagai kecerdasan: intelektual, emosional, moral, dan spiritual. Guru harus mampu mengenal setiap pribadi peserta didik dan berbagai metode yang kreatif dan inovatif dalam belajar. Guru yang profesional adalah memiliki integritas, jiwa kepemimpinan yang bijaksana, mendidik peserta didik untuk semakin berkarakter Kristus. Selanjutnya guru PAK yang profesional adalah guru yang benar-benar ahli di bidangnya dengan pemahaman yang luas tentang PAK dan pengenalan Allah yang dalam. Sehingga guru menjadi role model dan benar-benar mengajar peserta didik untuk hidup dalam kekudusan Allah.
References
Angelia, D. M. (2022). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8277
Azzahra, N. F., & Gumiandari, S. (2021). Pengaruh Kepribadian dan Perilaku Etis Guru pada Integritas Guru SMPT Riyadul Mubarok Dalam Mengajar. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpk.v7i2.30699
Darius, T. (2022). Analisis Implementasi Kompetensi Profesional Guru Pak Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri SATAP 3 Sangalla’. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34307/misp.v2i2.57
Dina, A., & dkk. (2022). ~ 149 ~ VO. 3. NO. 1 (2022) E-ISSN: 2715-2634 Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 3, 157.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 37.
Gulo, R., & Zega, M. M. (2023). Keteladanan Yesus Dalam Mengasihi Berdasarkan Injil Yohanes Dan Aplikasinya Bagi Guru PAK Masa Kini. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.83
Haan, E. B., & Arifianto, Y. A. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa kini. Shalom: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.56191/shalom.v2i1.17
Hamid, A. (2017). GURU PROFESIONAL. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Imeldawati, T. (2020). Guru PAK Sebagai Desainer Pendidikan. KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), Article 1.
Khaira, H. (39). PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT.
Kiswanto, H. (2022). Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Melaksanakan Profesinya Sebagai Pendidik. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54170/harati.v2i2.122
Legi, R. E., & Pantow, A. G. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), Article 2.
M.Pd, R. E., S. Pd I., & M.Hum, A. R. N., S. S. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Penerbit Qiara Media.
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Nainggolan, A. M., & Janis, Y. (2020). Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.46348/car.v1i2.23
Prihanto, J., Pakpahan, D. F., & Tarigan, D. P. (2022). Peran Kode Etik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i3.336
Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. 5.
Samosir, R. (2019). GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN YANG PROFESIONAL. 5.
Sari, T. Y. (n.d.). Gamifikasi ditengah pandemi Solusi bermain sambil belajar. 3.
Sinaga, L., Manullang, L. B., Situmorang, L. S., & Naibaho, D. (2023). PERAN KODE ETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11125–11139.
Sipayung, C. A. (2023). MEMAHAMI PROFESIONAL PENGAJARAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PAK DALAM BIDANG PENGUASAAN MATERI YANG DIAJARKAN. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i1.489
Sobandi, H. A. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. 26.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.
Viani, N., & Arifianto, Y. A. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.250
Widiyanto, M. A., & Fernando, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa. Davar : Jurnal Teologi, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.55807/davar.v1i1.6
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atirina Gulo, Andianus Lawolo, Ela Meronisa R. Tatubeket
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.