Metode Dan Teknik Vokal Paduan Suara di Kring Santa Katarina Dari Paroki Santa Sesilia Pontianak

Authors

  • Aldo Putra Utama Universitas Tanjungpura, FKIP, Pendidikan Seni Pertunjukan
  • Imam Ghozali Universitas Tanjungpura, FKIP, Pendidikan Seni Pertunjukan
  • Zakarias Aria Widyatama Putra Universitas Tanjungpura, FKIP, Pendidikan Seni Pertunjukan

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i2.221

Keywords:

Metode Vokal, Paduan Suara, Teknik Vokal

Abstract

Paduan suara adalah suatu kelompok yang menggabungkan berbagai macam jenis suara ke dalam satu sajian pertunjukan musik yang mengungkapkan jiwa lagu yang dinyanyikan. Dalam melakukan latihan paduan suara tentunya menggunakan beberapa metode dan teknik agar mendapatkan bunyi suara yang diinginkan. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti merumuskan masalah bagaimana metode dan teknik yang digunakan oleh pelatih paduan suara Kring Santa Katarina Dari Siena Paroki Santa Sesilia Pontianak. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelatih dan anggota paduan suara Kring Santa Katarina dari Siena Paroki Santa Sesilia Pontianak, selanjutnya data yang diperoleh di analisis menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, paduan suara Kring Santa Katarina dari Siena Paroki Santa Sesilia Pontianak menggunakan tiga metode yaitu metode drill, metode demonstrasi dan metode imitasi. Sedangkan untuk teknik vokal yang digunakan adalah intonasi, artikulasi, prasering dan pernapasan.

References

Antonia, M., Tenkudi, Y., Octavianingrum, D., & Indrawati, A. (2023). Direct Learning dalam Pembelajaran Paduan Suara di SMAK Santu Stefanus Ketang. Direct Learning in Choral Learning of SMAK St. Stefanus Ketang Nusa Tenggara Timur.

Bayan Ardana Wikarta, & Jamaludin. (2020). Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Ketepatan Menendang Menggunakan Punggung Kaki Pada Permainan Sepak Bola. SPORTIF: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi.

Bickel, J. E. (2017). Vocal Technique: A Physiologic Approach (2nd ed.). Plural Publishing, Inc.

Bria, G. K., & Ridwan, A. (2023). Intonasi Kalimat Tanya pada Iklan Edeka. E-Journal Identitaet.

Feryantari, N. A. (2023). Pembelajaran Tari Remo Bolet Dengan Metode Imitasi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sanggar Mulyojoyo Enterprise. Jurnal Pendidikan Sendratasik.

Frisilia, S. (2015). Teknik Bernyanyi Paduan Suara Beata Voce SD Santo Anthonius Medan Dalam Membawakan Lagu I Will Sing With The Spirit Karya John Rutter.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi).

Harahap, A. S. (2019). Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi. Universitas Esa Unggul Jakarta Jalan Arjuna Utara.

Hayati, N., & Marliani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Drill.

Imamah, F. U., & Toheri, T. (2014). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning Dan Brain Storming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Himpunan. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching.

Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kartika, W., Mering, A., & Sanulita, H. (2019). Analisis Peran Pelatih Paduan Suara dalam Meningkatkan Keterampilan Menyanyi Peserta Paduan Suara di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Karya, T., & Cesti, A. (2021). Analisis Teknik Vokal Pada Partitur Lagu Tu Mancavi A Tormentarmi Karya Antonio Cesti.

Kurniawan, D., Agustina, E. S., & Rusminto, N. E. (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Margamulya Lampung Selatan. Jurnal Kata.

Marliza, S. (2013). Pembelajaran Paduan Suara Pria HKBP Menteng Jakarta Pusat. Universitas Negeri Jakarta.

Marwatan, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pecahan Nilai Uang Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 146/X Tanjung Solok. Journal on Education.

Mita, R. A., & Kristiandri, D. (2020). Metode Dan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Gregorius Di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik.

Muslim, M. S. (2016). Varian-varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi.

Nasirudin, M., Aibonotika, A., & Yohani, A. M. (2022). Analisis Kesalahan Intonasi Darou Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau.

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan UIN Sumatera Utara.

Ningsih Fardila, P., & Ardipal, A. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Metode Ceramah Plus Dan Metode Imitasi Pada Pembelajaran Penyajian Karya Musik Di SMA Negeri 3 Pariaman. Jurnal Sendratasik.

Nugroho, T. S. A., Fretes, D. de, & Kusumaningrum, M. R. M. (2019). Pelatihan Teknik Dasar Menyanyi dan Dirigen pada Paduan Suara PKK RW 6 Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

Oktaviani, M. N., & Adini, M. H. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Metode Demonstrasi untuk Kelas VIII. Computing and Education Technology Journal.

Oviyanti, A. M., & Handayaningrum, W. (2022). Pembelajaran Musik Hadrah Al-Banjari Pada Grup El-Hasanuddin Di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Paputungan, F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi Dan Drill Pada Paduan Suara Manado Independent School. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik.

Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu.

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Data. Udayana.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah.

Saputra, I. A. (2021). Memahami Hakekat dan Metode Memperoleh Kebenaran, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan. In M. Muslimah (Ed.), PINCIS: Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies.

Sari, A. R. D. (2019). Pelatihan Teknik Vokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone. Jurnal Seni Dan Desain.

Sari, E. T. (2018). Peningkatan Kemampuan Solfegio Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SMP Negeri 1 Sungai Kakap.

Sinaga, T. (2018). Teknik Bernyanyi Opera. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya Dasar-Dasar.

Soleha, B. M. (2020). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mts Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Wahyuni, N. (2013). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

Downloads

Published

31-10-2024

How to Cite

Aldo Putra Utama, Ghozali, I., & Putra, Z. A. W. (2024). Metode Dan Teknik Vokal Paduan Suara di Kring Santa Katarina Dari Paroki Santa Sesilia Pontianak. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 2(2), 114–123. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i2.221