Penubuhan Ekspresi dan Gaung Filosofi Musik melalui dan di dalam Lagu Isen Mulang

Authors

  • Octa Maria Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Jonathan Salmanezer Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Frenky Albert Timotius Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Alfonso Munte Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.164

Keywords:

Analisis Musik, Budaya Daerah, Isen Mulang, Lagu Daerah Kalimantan

Abstract

Kalimantan Tengah memiliki kekayaan ragam dan makna budaya. Salah satunya lagu Isen Mulang. Lirik lagu Isen Mulang meskipun kelihatan ditampilkan dalam momentum acara maupun festival secara berkala, namun masih jarang yang menggali makna dan kandungan filosofis lirik yang menjadi motto Kota Cantik, Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis analisis musik lagu daerah Kalimantan Tengah yang terkenal dengan sebutan Isen Mulang. Selain itu, peneliti berupaya menganalisis unsur musik, struktur komposisi, dan konteks budaya dan lagu. Metode yang digunakan antara lain analisis mendalam terhadap musik, wawancara dengan pakar musik dan masyarakat, serta penelitian dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Isen Mulang merupakan lagu yang kaya akan unsur musik tradisional Kalimantan Tengah dan memiliki makna yang mendalam dalam konteks budaya lokal-nasional antara lain: sikap patriotistik, bergurau sebagai ruang kegembiraan, penghormatan atas sesama insan dan jalinan kekayaan nilai-nilai budaya Dayak yang sophisticated. Kajian ini memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai warisan musik tradisional Kalimantan Tengah serta pentingnya melestarikan dan mempromosikan lagu-lagu daerah.

References

Angela, V. F., & Triadi, D. (2022). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah pada Siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 441–451.

Berenskötter, F. (2020). Anxiety, time, and agency. International Theory, 12(2). https://doi.org/10.1017/S1752971920000111

Carretta, V. (2020). Unfabling the East: The Enlightenment’s Encounter with Asia. The Scriblerian and the Kit-Cats, 52(2). https://doi.org/10.5325/scriblerian.52.2.0213

Charmaz, K., & Thornberg, R. (2021). The pursuit of quality in grounded theory. Qualitative Research in Psychology, 18(3). https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1780357

Christiani, R. W., & Yappo, Y. (2023). Post-Traumatic Validative Incidentals Amongst Tertiary Students. EDUJAVARE: International Journal of Educational Research, 1(2), 93–107.

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

D’Arms, J., Howard, C., & Rowland, R. A. (2023). Fitting emotions. OUP Oxford.

Darma, W. D., Jonathan, J., Timotius, F. A., Sintalegawa, J. A., & Wirawan, A. (2023). ARTHUR SCHOPENHAUER’S QUEST OF MUSICAL REPERTORY, ARHYTHMIA AND WILLINGNESS. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(5), 511–521.

Fransisko, Y., Yappo, Y., Rosen, I., Mariani, E., & Munte, A. (2024). Idealistic Philosophy ('I’) as Thing-in-itself as Spaceship and Timelessness. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 10(1), 1–20.

Garcia-Garcia, J. M., Lozano, M. D., Penichet, V. M. R., & Law, E. L.-C. (2023). Building a three-level multimodal emotion recognition framework. Multimedia Tools and Applications, 82(1), 239–269.

Hökkä, P., Vähäsantanen, K., & Ikävalko, H. (2023). An integrative approach to emotional agency at work. Vocations and Learning, 16(1), 23–46.

Jeniva, I., & Samiyono, D. (2008). Tiwah: penyelenggaraan upacara mengantar arwah menurut budaya masyarakat Dayak Ngaju. Fakultas Teologi Press Salatiga.

Kolomiets, G. G. (2021). Philosophy of music in the image of the world: From antiquity to the modern time. RUDN Journal of Philosophy, 25(1). https://doi.org/10.22363/2313-2302-2021-25-1-139-155

Kusumarini, Y. (2003). Ruang sebagai Media Ekspresi dan Apresiasi. Dimensi Interior, 1(1).

Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative descriptive research: An acceptable design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255–256.

Lelunu, S., Putri, K. R., Olivia, N., & Simanjuntak, N. L. (2023). Art and Philosophy: Harmony of Giring-Giring Dance, Manganjan Dance, Tambun Bungai Dance of Kalimantan Tengah. Harmonia: Journal of Music and Arts, 1(1), 1–25.

LESTARI, D. A. (2023). Implementasi Program Desa Pantang Mundur (Lewu Isen Mulang) di Desa Pangkalan Satu Kecamatan KumaiI Kabupaten Kotawaringin Barat. Universitas Jenderal Soedirman.

Mamarimbing, N. Y., Ezra, I., Yardi, A., Anatasya, C. D., Kowy, F. A., & Mariani, E. (2023). Meng-antara Studi Literatur-Perbandingan Pythagoras dan Musik Matematikalis. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(4), 1611–1629.

Manik, W., Wulandari, W., Fera, F., Agustin, H., Moyau, D., & Munte, A. (2023). ETHICAL REFLECTIONS ON IMMANUEL KANT’S MORAL PHILOSOPHY AND"[ADOLESCENT] DELINQUENCY". JOLALI (Journal of Applied Language and Literacy Studies), 2(2).

Merdiasi, D., Tiatri, S., & Dewi, F. I. R. (2017). Penerapan milieu teaching dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak yang mengalami keterlambatan bahasa. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 344–354.

Mitchell, J. (2023). Emotion and attention. Philosophical Studies, 180(1), 73–99.

Munte, A. (2023). Kehadiran Linguistik, Falogosentris dan Pendidikan Kristen Dalam Percakapan Filosofi Luce Irigaray. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 301–314.

Munte, A., & Monica, M. (2023). BARGAINING POWER, ECONOMIC INDEPENDENCE, DECISION MAKING: CASE STUDY OF WOMEN INFORMAL WORKERS THROUGH PHILOSOPHER JOHN STUART MILL. Al-Qalam, 29(2), 231–243.

Nugrahhu, P. A., Sulistyowati, R., Utami, N. N. A., & Ernest, J. (2023). Striving for musical excellence: a study on the development of music players’ skills for church worship accompaniment through ensemble training. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 18(1).

Oko, T. (1992). Review of Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences. Contemporary Psychology: A Journal of Reviews, 37(7). https://doi.org/10.1037/032390

Pardomuan, G. N. (2022). Development of Android-Based Digital Modules for Learning Music History in the Era of the COVID-19 Pandemic. Journal Of World Science, 1(6), 346-358.

Pahan, B. P., & Prasetya, A. (2023). Pembinaan Tari dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah sebagai Pendidikan Karakter pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 110–121.

Pessoa, A. S. G., Harper, E., Santos, I. S., & Gracino, M. C. da S. (2019). Using Reflexive Interviewing to Foster Deep Understanding of Research Participants’ Perspectives. International Journal of Qualitative Methods, 18. https://doi.org/10.1177/1609406918825026

Putri, Y., Suriani, R. G. M., Sefle, Y., & Munte, A. (2023). Miroslav Volf’s Theosophy and Charitable Social Living. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(4), 219–231.

Ramadhani, M. A. (2023). Rumah Betang Suku Dayak Di Kalimantan Tengah Sebagai Sumber Belajar IPS.

Scanlon Jr, T. M. (1978). Freedom of expression and categories of expression. U. Pitt. L. Rev., 40, 519.

Sihombing, O. M. (2023). Permainan Alat Musik Tradisional Kecapi Di Kalimantan Tengah. JBI: Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2), 36–55.

Simanjuntak, N. L., Wardiannata, E., Salmanezer, J., Sintalegawa, J. A., Lelunu, S., Yardi, A., & Darma, W. D. (2023). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS AND CULTURE OF SEKEPENG DANCELIFE. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 1(2), 375–393.

Sinta, G., Lestary, D., Tanzania, T., Napat, S., Mariani, E., & Munte, A. (2023). Framing Naturalism Philosophy’s Axiological Synergy in Management-Christian Religious Education. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 71–83.

Sulistyowati, R., Munte, A., Silipta, S., & Rudie, R. (2022). Strengthening Music Learning at SMKN. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(2).

Suluh, J. A., Lukas, L., Munthe, Y., & Yulista, Y. (2024). Building Nationalities within Christians Virtues. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 2(1), 1–22.

Tava, F. (2023). Justice, emotions, and solidarity. Critical Review of International Social and Political Philosophy, 26(1), 39–55.

Teichman, M. (2023). The sophisticated kind theory. Inquiry, 66(9), 1613–1654.

Tirayoh, M. C., Kistisia, J., Sinta, M. P., Vinisya, S., Wirawan, A., & Munte, A. (2023). Rethinking Juan Luis Segundo: Phenomenological Philosophy, Existentialism and Liberation Theology. Jurnal Pendidikan West Science, 1(10), 605–621.

Van Wynen, S. E., & Niemandt, C. J. P. (2020). Leading in the certainty of uncertain times. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 76(2). https://doi.org/10.4102/hts.v76i2.6114

Wilantari, A. (2023). City Branding Festival Budaya Isen Mulang Sebagai Komunikasi Pariwisata. Tampung Penyang, 21(1), 64–78.

Yardi, A., Munthe, Y., Letnora, C., & Sihombing, O. M. (2024). The Musical Harmony Of The Cosmos And The Soul After Pytagoras. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 112–135.

Downloads

Published

29-04-2024

How to Cite

Sihombing, O. M., Salmanezer, J., Timotius, F. A., & Munte, A. (2024). Penubuhan Ekspresi dan Gaung Filosofi Musik melalui dan di dalam Lagu Isen Mulang. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.164