Integrasi Unsur Musik dalam Pembelajaran: Studi Kasus Kelas Foundation of Music (FOM) di Sekolah Musik Indonesia Semarang

Authors

  • Aurah Melati Kusuma Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v3i1.333

Keywords:

Pembelajaran Musik, Kreativitas Anak, Unsur Musik, Play-based learning

Abstract

Musik memiliki peran penting dalam perkembangan intelektual dan emosional anak. Pembelajaran musik yang efektif dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kreativitas anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran musik berbasis unsur musik dalam meningkatkan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kelas Foundation of Music (FOM) di Sekolah Musik Indonesia Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran musik yang mengintegrasikan unsur-unsur musik seperti ritme, melodi, harmoni, dan ekspresi musikal dapat merangsang kreativitas anak dalam memahami dan mengaplikasikan elemen musik secara aktif. Pendekatan berbasis permainan (play-based learning) dan penggunaan media pembelajaran audio-visual terbukti efektif dalam meningkatkan minat serta keterampilan musikal anak. Selain itu, lingkungan belajar yang mendukung dan motivasi dari guru turut berkontribusi dalam pengembangan kepercayaan diri dan ekspresi kreatif siswa. Kesimpulannya, penerapan strategi pembelajaran musik berbasis unsur musik dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan kreativitas anak. Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran musik yang inovatif dan menyenangkan bagi anak usia dini.

References

Alam, A., & Mohanty, A. (2023). Music and its effect on mathematical and reading abilities of students: Pedagogy for twenty-first century schools. In Interdisciplinary Perspectives on Sustainable Development (pp. 342-346). CRC Press.

Alotaibi, M. S. (2024). Game-based learning in early childhood education: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in psychology, 15, 1307881.

Ambrose, D., & Sternberg, R. J. (Eds.). (2016). Creative intelligence in the 21st century: Grappling with enormous problems and huge opportunities (Vol. 11). Springer.

Anggraeni, F. N. (2020). Determinan Motivasi Internal Terhadap Kinerja. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.

Azmi, N. D., & Ha, S. W. (2024). Play-Based Learning With Games as a Dance Teaching Tool. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 24(1), 221-235.

Brouillette, L. (2009). How the arts help children to create healthy social scripts: Exploring the perceptions of elementary teachers. Arts Education Policy Review, 111(1), 16-24.

Danniels, E., & Pyle, A. (2018). Defining play-based learning. A. Pyle (Topic Ed.), Play-based learning, 7-11.

Depdikbud. (1996). Musik, dan Anak, Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Depdikbud.

Ismoyo, S. L. (2024). Seni Rupa sebagai Media Pengembangan Keterampilan Metakognitif dan Neurosains pada Anak: Fine Arts As A Tool For Developing Metacognitive And Neuroscience Skills In Children. Jurnal Pendidikan Seni dan Industri Kreatif, 5(1), 32-39.

Jamalus. (2011). Pendidikan Seni Musik, Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa, E., & Profesional, M. G. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 35.

Mulyati, S. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 2(02), 124-129.

Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat (1st ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alfabeta

Sugiarto, E. (2019). Kreativitas, Seni & Pembelajarannya. Yogyakarta: LKiS.

Váradi, J. (2022). A review of the literature on the relationship of music education to the development of socio-emotional learning. Sage Open, 12(1), 21582440211068501.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Kusuma, A. M. (2025). Integrasi Unsur Musik dalam Pembelajaran: Studi Kasus Kelas Foundation of Music (FOM) di Sekolah Musik Indonesia Semarang. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 3(1), 55–70. https://doi.org/10.69748/jmcd.v3i1.333