Pengaruh Skill Musik dalam Ibadah di Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Parousia Makassar
DOI:
https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i2.194Keywords:
Seni Musik, Pengaruh MusikAbstract
Musik merupakan salah satu unsur terpenting dalam gereja atau ibadah. Karena musik memiliki peran penting dalam ibadah yang mampu memberi dampak positif dalam ibadah terutama mengiring jemaat dalam bernyanyi. Namun ada sebagian gereja yang tidak memperhatikan musik dalam ibadah. Sehingga musik bukan menjadi media pengiring untuk membawa jemaat untuk menghadap Tuhan tetapi malah mengganggu jemaat dalam bernyanyi atau menyembah Tuhan. Untuk itu dalam penulis ini penulis atau peneliti akan membahas dengan topik Pengaruh Skill musik dalam ibadah di gereja kemah injil indonesia jemaat parousia Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberi pemahaman kepada pemusik dan jemaat pengaruh skill musik dalam ibadah dan memberi motivasi kepada pemusik gereja untuk lebih lagi berlatih musik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab permasalah yang ada. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mencapai data yang akurat maka peneliti menggunakan beberapa metode atau teknik pengumpulan data, berupa metode wawancara, dan metode observasi. Penelitian ini lakukan di Gereja Kemah Injil Indonesia jemaat parousia Makassar. Kiranya penelitian ini mampu memberi pemahaman kepada pemain musik untuk lebih lagi menambah pengetahuan dan skill dalam bermain musik terutama menguasai teori musik, menguasai alat musik. Sehingga jemaat dapat merasakan pengaruh musik yang dimainkan dalam ibadah sehingga jemaat dapat bergairah dalam bernyanyi dan membentuk spritual jemaat dalam memuji Tuhan.
References
Adhi et al., 2020. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Banoe, P. (2023). Kamus Musik. Penerbit Kanisius.
Dianti, Y. (2017). IDENTITAS SUARA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Durikase, F., & Purba, B. A. (2020). Peranan Pemusik Gereja Dalam Mengiringi Nyanyian Jemaat. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, I(1), 36–42. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.131
Faizah, K. (2021). Spiritualitas Dan Landasan Spiritual (Modern and Islamic Values); Definisi Dan Relasinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 068. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v19i1.571
Farrand, P., & Jeremiah, W. (2014). Fungsi Musik Dalam Ibadah. 11, 55–64.
Gasong, C. L., & Ristua, Y. (2023). Dampak Musik Terhadap Emosi Jiwa Siswa Sma YPPK Asisi Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i1.11
Ghozali, I. (2012). Pembelajaran Musik Berbasis Siswa Dengan Pendekatan Local Genius. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 651–663. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.334
Harahap, D., & Simon, S. (2022). Pentingnya Musik Gereja dalam Ibadah untuk Pertumbuhan Kerohanian Jemaat. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.53674/teleios.v2i2.49
Hidayatullah, R. (2016). Dasar-dasar musik. http://repository.lppm.unila.ac.i-d/id/eprint/39094%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/39094/1/aproval-DASAR-DASAR MUSIK.pdf
Iktia, G. (2017). Pengantar Teori Musik. Profilm, 131–157.
Iriani, T. (2017). Studi Analisis Terhadap Kemampuan Softskills Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ. Jurnal PenSil, 6(1), 38–50. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7472
Khoiriyah, N., & Sinaga, S. S. (2017). Pemanfaatan pemutaran musik terhadap psikologis pasien pada Klinik Ellena Skin Care di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6(2), 81–90. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/20313
Limbong, I. (2020). Peran Gereja Sebagai Tempat Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kristiani Bagi Anak. Osfpreprints, 1, 219. https://osf.io/hfb2x
Lubis, I. (2019). Pelatihan Pola Ritme Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembalajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. 7(April), 20–28.
Moleong 2011. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?u-ser=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Musik, H., Strube, G., & Nunumete, A. R. (n.d.). HARMONI MUSIK GUSTAV STRUBE DAN KEHARMONISAN DALAM ETIKA KEHIDUPAN Alex R. Nunumete Institut Agama Kristen Negeri Ambon.
Mustakim, T. (n.d.). FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK DOLALAK DI MASYARAKAT HARDIMULYO, KEC.KALIGESING, PURWOREJO. https://core.ac.uk/download/pdf/78027529.pdf
Mustakim, T. (2016). FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK DOLALAK DI MASYARAKAT HARDIMULYO, KEC.KALIGESING, PURWOREJO. https://core.ac.uk/download/pdf/78027529.pdf
Nawangsari, D., Baskoro, & Isworo, W. (2013). Pengaplikasian Tema Melodi pada Sarana Apresiasi Komunitas Musik Di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(2), 75. https://media.neliti.com/media/publications/15990-ID-pengaplikasian-tema-melodi-pada-sarana-apresiasi-komunitas-musik-di-surabaya.pdf
Nur, M. R., & Yensharti, Y. (2020). Analisis Bentuk Dan Struktur Musik Programa Danse Macabre Karya Camille Saint-Saens. Jurnal Sendratasik, 10(1), 35. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i2.110524
Nurmalinda, N. (2014). Pertunjukan Bianggung Ditinjau Di Kuala Tolam Pelalawan: Tinjauan Musikal Dan Ritual. Ekspresi Seni, 16(2). https://doi.org/10.-26887/ekse.v16i2.80
Pangesti, F. H. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Notasi Balok Siswa Kelas VIII A Melalui Software Encore di SMP Negeri 1 Turi.
Ratnasari, B. E., Najla, A. N., Vidyawati, A., & Hasanah, M. (2020). Peran Musik Dalam Ekspresi Emosional Remaja Ketika Menghadapi Masalah Pada Kehidupan Remaja Kampung Panjangsari Baru Parakan Temanggung. In PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi) (Vol. 1, Issue 1). http://lib.unnes.ac.id/292-08/1/2501412062.PDF
Suryadi, Wulandari, R. T., & Astuti, W. (2015). Pengembangan Metode Pengenalan Dan Pemahaman Nilai. 66–73.
Verry Willyam, A. S. (2023). Dampak Musik Gereja bagi Pertumbuhan Iman Jemaat: Sebuah Studi di Gereja Kristen Jawa Celengan, Klasis Tuntang Barat, Pepanthan. Thoronos, 4 N0. 2(2), 125–137.
Wulandari, R. (2016). Pembelajaran Unsur Irama Menggunakan Metode Takadimi Pada Mahasiswa Paud Fip Uny Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 734–746. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12369
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Musa Kiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.