Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Remaja di Jemaat GKI Mahanaim Burere

Authors

  • Konstantina Kreuta Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Melina Hutapea Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

Keywords:

Dampak Gadget, Perkembangan Moral Anak, GKI Mahanaim Burere

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak gadget terhadap perkembangan moral anak usia remaja. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Kualitatif Deskriptif, untuk mendiskripsikan atau menjelaskan peristiwa dan kejadian yang memberikan gambaran yang konkrit. Adapun hasil penelitian yang dicapai yaitu aktivitas guru sekolah minggu pada sudah cukup baik, namun terlihat masih kurang maksimal dalam memberikan motivasi pada anak, dan akan diperbaiki pada aktivitas anak usia 8 – 12 tahun diketahui anak-anak masih ragu dan malu menyampaikan pendapatnya terhadap materi pembelajaran yang dipelajari sehingga perlu diberikan motivasi dan penguatan sebelum proses pembelajaran agar anak kreatif., Kesalahan yang dilakukannya sering menimbulkan kekuatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungannya, orangtuanya. Kesalahan yang diperbuat para remaja hanya akan menyenangkan teman sebayanya. Hal ini karena mereka semua memang masih dalam masa mencari identitas. Kesalahan yang menimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering disebut sebagai kenakalan remaja. Dalam surat kabar sering kali kita membaca berita tentang perkelahian pelajar, penyebaran narkotika, pemakaian obat bius, minuman keras, penjambret yang dilakukan oleh anak yang berusia belasan tahun, meningkatnya kehamilan di kalangan remaja putri dan lain sebagainya. Hal tersebut adalah merupakan suatu masalah yang dihadapi masyarakat yang kini semakin marak, Oleh karena itu masalah kenakalan remaja seyogyanya mendapatkan perhatian yang serius dan terfokus untuk mengarahkan remaja ke arah yang lebih positif, yang titik beratnya untuk terciptanya suatu sistem dalam menanggulangi kenakalan di kalangan remaja.

References

Andreas B. Subagyo, (2014). Pengantar Risert Kuantitatif & Kualitatif. Bandung : Yayasan Kalam Hidup.

Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(2), 182-194.

Jamilah, J., Astutik, C., & Asiah, K. (2020). Revolusi Industri 4.0 dan Pengaruhnya pada Kenakalan Remaja. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 23-29.

Kinayati Djojosuroto & M.L.A Sumaryati (2014), Bahasa dan Sastra, Bandung : Nuasa Cendeka.

Kinayati Djojosuroto & M.L.A Sumaryati (2014), Bahasa dan Sastra, Bandung : Nuasa Cendeka.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Liuza, M. (2022). Upaya Guru Pai Dalam Menghadapi Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Mary Go Setiawani, (2014). Pembaruan Mengajar, terbitan Yayasan Kalam Hidup.

Muyassarah, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Mendidik Anak Dan Dampaknya Terhadap Budget Keuangan Keluarga Muslim. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-14.

Muslich, Mansur. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana, (1988). Tuntunan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Nurdin, A., Bahri, I., Pangastuti, Y., & Megawati, C. (2023). Penyuluhan Tentang Kenakalan Remaja, Bahaya Gedget, Bahaya Merokok Dan Bahaya Bergadang Pada Siswa-Siswi Sma Negeri Jangka Buya Pidie Jaya. ADM: Jurnal Abdi Dosen dan Mahasiswa, 1(1), 79-86.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofyan, Gusarmin dan Amiruddin B. (2007). Modul Diklat Profesi Guru Model-Model Pembelajaran I. Kendari: Universitas Haluoleo.

Tafonao, T. (2018). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 121-133.

Wanti Rohani, (2003). Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Untuk Pemecahan Masalah Berbasis CTL Di Kelas I SMU Negeri 5 Malang. Tesis Malang: Universitas Negeri Malang.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Yaung, S., Pardomuan, G. N., & Sahureka, C. M. (2023). Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik dan Seni, 1(1), 25-39.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Kreuta, K., & Hutapea , M. (2023). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Remaja di Jemaat GKI Mahanaim Burere. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 133–139. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jrm/article/view/85