Pengaruh Musik Tradisional (Suling) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII C Mata Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 5 Sentani

Authors

  • Tonci Johan Tuldjurin Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani

Keywords:

Pengaruh Musik Tradisional, Minat Belajar, Seni Budaya Musik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh musik tradisional, khususnya alat musik Suling trhadap minat belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 5 Sentani.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai peran musik tradisional dalam proses pembelajaran seni musik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan materi pelajaran seni budaya di SMP Negeri 5 Sentani. Hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi, pembelajaran, dan wawancara menunjukan bahwa musik tradisional, khususnya suling memiliki dampak positif pada minat belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni musik).

Berdasarkan hasil penelitian, didasarkan agar guru seni budaya di SMP Negeri 5 Sentani dapat lebih memperkaya metode pengajaran dengan memanfaatkan musik tradisional sebagai salah satu alat musik untuk meningkatkan minat dana pemahaman siswa terhadap seni budaya. Selain itu, diharapkan pula agar kurikulum lebih mendukung integrasi unsur-unsur budaya lokal ke dalam pelajaran seni budaya, sehingga siswa dapat lebih menghargai dan melestarikan warisan budaya tradisional mereka.

References

Aula, F & Handayani, S. 2018, Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Musik: Jurnal Pendidikan Musik.

Ali, Mohammad. 1987, Penelitian Pendidikan Prosedur Dan Strategi, Angkasa Bandung: Bandung

Oemar, Hamalik. 2007, Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Alqeindo: Bandung

R, Novia. 2021, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Musikal Tradisional Suling, Jurnal Pendidikan.

Sudarsono, Joko. 2003. Cara Menumbuhkan Minat Belajar Siswa: Majalah Remaja Gen 2000

Suryabrata, Sumadi. 2007, Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Syah, Muhibbin. 2008, Psikologi Belajar: Pt. Remaja Sosdakarya. Bandung

Sugiyono. 2018, Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta : Bandung

Sugiono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta : Bandung

Suparman, A. 2008, Etude Suling, Yayasan Cipta Karya Kawistara: Bandung

Downloads

Published

10-12-2023

How to Cite

Johan Tuldjurin, T. (2023). Pengaruh Musik Tradisional (Suling) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII C Mata Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 5 Sentani . Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(2), 102–115. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jmcd/article/view/87