Teknik Pembelajaran Paduan Suara Menggunakan Vokal Negro Spiritual Pada Mahasiswa Semester IV Musik Gereja STAKPN Sentani

Authors

  • Christian Lamban Gasong Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Marselina Ponglimbong Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Yustinus Polhaupessy Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v3i2.335

Keywords:

Negro Spiritual, Teknik Vokal, Paduan Suara, Musik Gereja STAKPN Sentani

Abstract

Keindahan musik yang kaya akan ekspresi dan emosi adalah vokal rohani negro yang ditemukan dalam paduan suara. Melodi spiritual yang berasal dari keturunan Afrika sering kali mengartikulasikan pesan yang mendalam dan memotivasi. Penelitian inibertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam pengembangan keterampilan bermusik, termasuk harmoni, ritme, dan mendengarkan musik, melalui latihan dan penampilan gabungan dalam paduan suara, selain meningkatkan teknik vokal seperti kontrol nafas, intonasi, dinamika, dan ekspresi vokal dalam penampilan mereka. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengalaman budaya dan spiritual yang mendalam kepada para siswa dengan menyelidiki dan menafsirkan melodi spiritual dari tradisi Negro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif desktiptif untuk mengungkapkan fakta yang ada dilapangan. Pengolahan data didapatkan dari observasi dan wawancara. Dalam pemebelajaran paduan suara menggunakan vokal negro spiritual yang dilakukan pada mahasiswa STAKPN Sentani, ada beberapa teknik yang dilakukan seperti: memahami sejarah dan konteks Negro Spiritual, belajar lagu simpel negro spiritual, teknik vokal, harmoni dan dinamika serta belajar irama. Salah satu lagu yang biasa digunakan dalam paduan suara adalah “Were You There (When They Crucified My Lord)”.

References

Angelin Maria Salmon, M. H. M. (2023). Pengajaran Teknik Vokal Head Voice dan Penerapannya dalam Paduan Suara Anak Gema Sangkakala Children Choir. Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik | Vol.4 No. 2 | 2023, 4(2), 147–154.

Aryesha, V. (2021). Pelatihan Paduan Suara Dalam Rangka Wisuda di Universitas Iskandar Muda. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.32672/btm.v3i2.3161

Brown, D. H. (1999). Book Review: Honoring the Ancestors: An African Cultural Interpretation of Black Religion and Literature. Christianity & Literature, 48(2). https://doi.org/10.1177/014833319904800212

Buermeyer, L. (2021). The Negro Spirituals and American Art (1926). In The New Negro: Readings on Race, Representation, and African American Culture, 1892-1938. https://doi.org/10.2307/j.ctv1j6675s.89

Crawford, E. S. (2013). The Penn School’s Educational Curriculum: Its Effects on the St. Helena Songs. Journal of African American Studies, 17(3). https://doi.org/10.1007/s12111-012-9230-5

Dharmasasmitha, V., & Widiasavitri, P. N. (2017). PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANTARA PENDENGAR MUSIK HARDCORE DENGAN PENDENGAR MUSIK KLASIK. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1). https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p01

Handoko, A. B. (2022). Estetika Musik Gereja dalam Perspektif Estetika Musik dan Teologi Kristen. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(2). https://doi.org/10.37368/tonika.v5i2.427

Iskandar, A. H., & Nursyirwan, N. (2019). Pembelajaran Teknik Vokal Paduan Suara Sik-Sibatumanikam Dan When You Believe Di Yayasan Prayoga Bukittinggi Smps Xavarius. Laga-Laga …, 9900, 15. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/891

Lasar, E. L. (2020). Pembelajaran Teknik Vokal Paduan Suara di Lingkungan St. Wilhelmus Lusikawak Paroki Waikomo Lembata NTT. Indonesian Journal of Performing Art Education, 1(1), 1–15.

Mokoagow, J. N., Kaunang, M., & Hartati, R. S. (2023). PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DALAM PADUAN SUARA. KOMPETENSI, 3(10). https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6602

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Terilowra, O. (2022). Bentuk Dan Karakteristik Paduan Suara Anak Bethesda Children Choir Di Sidoarjo. Repertoar, 3(1).

Wulandari, R. (2016). PEMBELAJARAN UNSUR IRAMA MENGGUNAKAN METODE TAKADIMI PADA MAHASISWA PAUD FIP UNY TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12369

Downloads

Published

31-10-2025

How to Cite

Gasong , C. L., Ponglimbong, M., & Polhaupessy, Y. (2025). Teknik Pembelajaran Paduan Suara Menggunakan Vokal Negro Spiritual Pada Mahasiswa Semester IV Musik Gereja STAKPN Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.69748/jmcd.v3i2.335