Penyajian Musik Iringan Suling Lembang Dalam Ritual Rambu Solo’ di Toraja Lembang Tampan Bongan
DOI:
https://doi.org/10.69748/jmcd.v3i1.330Keywords:
Suling Lembang, Penyajian Musik Iringan, Musik Tradisional, Toraja, Rambu Solo’Abstract
Penelitian ini akan mendeskripsikan penyajian musik iringan Suling Lembang dalam ritual Rambu Solo’ di Toraja, dengan melihat keberadaannya di Toraja yang secara turun temurun alat ini digunakan oleh masyarakat Toraja pada setiap upacara Rambu Solo’ (kedukaan). Suling Lembang merupakan salah satu jenis alat musik tiup yang dalam pembuatannya terbuat dari bahan tradisional yakni bambu . Masalah yang akan di angkat yakni bagaimanakah bentuk penyajian musik iringan Suling Lembang dalam ritual Rambu Solo’ dengan melihat kegunaanya yang selalu hadir dalam ritual upacara Rambu Solo’ (kedukaan) di Toraja. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Bentuk penyajian musik Suling Lembang antara lain Suling Lembang sebagai pengiring dalam menjemput para tamu, suling lembang sebagai pengiring nyanyian Marakka,. Suling Lembang di mainkan dua orang atau lebih yang di sebut sebagai Passuling Toraya, busana pakaian yang digunakan oleh Passuling yaitu baju Toraja nuansa hitam dan menggunakan ikat kepala (Talingka’/Passapu) di kepala. Jenis tangga nada yang digunkan pada musik iringan Suling Lembang adalah pentatonik dengan nada Do, Di, Re, Mi, Sol, La.
References
Anggraini, Anggun. (2021). Makna Upacara Pemakaman Rambu Solo’ di Tana Toraja. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. Jakarta https://doi.org/10.30998/vh.v3i1.920.
Daniel, F. P. (2020). Bunga Rampai Teologi Kontekstual & Kearifan Lokal Toraja. PT BPK Gunung Mulia, jL. Kwitang 22-23, Jakarta 10420.
Dewi, R. (2020). Makna Syair Sengo Dalam Ritual Rambu Solo’. Telaga Bahasa, 7(1), 73–82. https://doi.org/10.36843/tb.v7i1.65
Diaz, K. U., & Sinaga, S. S. (2019). Kreativitas Kreativitas Bentuk IringanMusik Pada Paduan Suara Muslimat Desa Bergas Kidul Di Semarang. Jurnal Seni Musik, 8(1), 43–48. https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.28718
Embon, D., & Saputra, I. G. K. A (2018). Sistem simbol dalam upacara adat Toraja Rambu Solo: Kajian semiotik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(7).
Fajar, N. (2015). Kebudayaan Masyarakat Toraja (M. Retna (ed.)). PT JaPe Press Media Utama Jl. Karah Agung No 45 Surabaya.
Isbah, M. F., & Wiyoso, J. (2019). Komposisi Dan Aransemen Musik Babalu Sebagai Sebuah Kajian Musikalitas Tradisional. Jurnal Seni Musik, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.28698
Lamban Gasong, C. (2024). Pendekatan Kritik Seni Terhadap Estetika Badong Dalam Aluk Rambu Solo’. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.179
M.Th., P. R. P. (2015). Upacra Rambu Solo’ Di Tana Toraja Memahami Bentuk Kerukunan di Tengah Situasi Konflik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray bekerjasama dengan Kalam Hidup.
Rachman, A., & Lestari, W. (2012). Catharsis: Journal of Arts Education Bentuk Aransemen Musik Keroncong Asli Karya Kelly Puspito Dan Relevansinya Bagi Remaja Dalam Mengembangkan Musik Keroncong Asli. In CATHARSIS (Vol. 1, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis
Rakanita, D. A. K., Wahyu, L., & Hartono. (2015). Pertunjukan Kesenian Pathol Sarang Di Kabupaten Rembang. Catharsis, 4(2), 107–114.
Regar & Lestari, W. (2021) Sitakara : Jurnal Pendidikan Seni dan Seni budaya, Estetika Musik Marakka Dalam Upacara Rambu Solo' di Toraja (Volume.6 no 2. (2021)
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohindi, T. R. (2011). Metodologi Pendidikan Seni. Cipta Prima Nusantara Semarang.
Suryana, P. D. (2010). Metodologi Penelitian.
Wayan, S. (n.d.). Jenis Dan Teknik Membuat Instrumen Suling Dalam Seni Karawitan Bali. Retrieved April 8, 2021, from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/794/407
Zaenuri, A., & Lestari, W. (2009). Seni Pembebasan : Estetika Sebagai MEDIA PENYADARAN. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 9(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v9i1.663
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aris Bidang, Firman Dian Paressa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.