Pengembangan Metode Kodaly Dalam Proses Pelatihan Paduan Suara Anak Pada Jemaat GKI Solafide Sereh

Authors

  • Wouter Fangohoy. K Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Yustinus Polhaupessy Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.178

Keywords:

Paduan Suara, Metode Kodaly, GKI Solafide Sereh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1)Mengetahui penerapan metode Kodaly dalam proses pelatihan paduan suara pada paduan suara anak Jemaat GKI Solafide Sereh, (2) mengetahui faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi penerapan metode Kodaly dalam proses pelatihan paduan suara pada paduan suara anak Jemaat GKI Solafide Sereh (3) untuk mengetahui dampak dari pembelajaran paduan suara dengan menggunakan Metode Kodali pada paduan suara anak Jemaat GKI Solafide Sereh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan, Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rancangan dan jadwal pelatihan yang telah disiapkan oleh pelatih, proses pelatihan dilakukan secara tatap muka,partitur lagu sebagai perangkat dalam proses pelatihan, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pelatihan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu (1) Paduan Suara GKI Solafide memiliki pelatih dengan musikalitas yang baik; (2) Paduan suara GKI Solafide memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelaksanaan latihan seperti gedung gereja, keyboar, stand partitur dan lain-lain. Faktor eksternal yaitu (1) Kurangnya pemahaman anak-anak anggota paduan suara dalam membaca notasi dan (2) Penerapan metode Kodaly merupakan hal baru bagi anak-anak sehingga butuh waktu yang lebih lama pada saat proses latihan menggunakan rhythm syllabels dan hand sign.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basini, S., Pardomuan, G. N., & Marlissa, M. S. (2023). Pengenalan Dasar Alat Musik Gitar Untuk Siswa Kelas III Smp Negeri Borme Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(1), 12–24. Retrieved from https://ejurnal.stakpnsentani.ac.id/index.php/jmcd/article/view/7

Backer, Ph.D. (2O14) 5 key Concepts to improve your choir’s Blend Resonance and Balance, Southhern Utah University, Utah Music Education Journal Spring, hal 27.

Boneo P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Campbell, Don. (2002). Efek Mozart bagi Anak-Anak Meningkatkan Daya Pikir, Kesehatan, dan Kreativitas Anak melalui Musik. Terjemahan dari Bahasa Inggris oleh Alex TriKantjono Widodo. Cetakan kedua. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Choksy, Lois. (2001). Teaching musik in the twenty-first century. New Jersey: Prentice Hallde Vries, P. (2011). The first year of teaching in primary school: Where is the placeof musik? International Journal of Education & the Arts, 12(12). Retrieved from http://www.ijea.org/v12n2/

Ekholm E. (2000). The Effect of Singing Mode and Seating Arrangment on Choral Blendand Overall Choral Sound. Journal of Rehersal in Music Education 48 (2). Hal 123-135 A-i 10.2307/3345571

Jamalus, & Busroh, H. (1992). Pendidikan Kesenian 1. Departemen Pendidikan danKebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidkan.

Larawati, I., Atun, I., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan Model Situation-Based Learning Pada Materi Sifat-Sifat dan Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IV SDN Paseh 1 Sumedang. Pena Ilmiah, 1(1), 71–80.

Lukas O. Nazara dan A. Gathut Bintaro T. Aspek-aspek Metode Kodaly pada Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Program Studi S-1 Seni Musik, Fak. Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta. 2018. Hal. 2.

Moleong, J, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV RemajaMoh. Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

N. Simanungkalit. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta. Gramedia.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta, Balai Pustaka. 1991. hlm. 17.

Pusat Musik Liturgi, Menjadi Dirigen II Membentuk Suara, Yogyakarta. 2003. hlm. 39.

Rina Wulandary. (2013). Pengemangan Metode Kodaly dalam Pengenalan Nada pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 2. Hal. 53.

Riyan Hidayatullah. Pendidikan Musik: Pendekatan Musik untuk Anak di Era 4.0. Penerbit Eka: Padang. 2020.

Soeharto. M, Kamus Musik, PT. Gramedia, 1982.

Sugiharto, Bambang. (2015). Apa itu Seni? Bandung: Matahari

Supriyatna, N., & Syukur, S. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Musik II. Bandung: UPI PRESS

Teddy, Mas. (2019, 12 Februari). Steven Spielberg, Zoltan Kodaly dan Saung Angklung Udjo. Pesan ditulis di: https://www.kompasiana.com/masteddy-/57a1378b8e7e61a12aa1f454/steven-spielberg-zoltan-kodaly-dan-saung-angklung-udjo

Tri Setyo Mutiara, 14100180132 (2019) Blending Dalam Paduan Suara Studi KasusVocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Tung, Khoe Yao, & Satya, Nugraha Gusti. (2023). Improving the Understanding of Reading Rhythm and Notes in Music Education by Using Kodály and Suzuki Technique Method in Grade 8 Junior High School XYZ. Journal on Education, 5(2), 1972–1987. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.841

Hartati, RA. Dinar Sri. (2019). ANALISIS dan PENERAPAN BALANCE DALAM PADUAN SUARA. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.26740/geter.v2n2.p41-50

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: Journal Theory into Practice, 41(4), 212-218

Kristianingsih, I. P., Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Penerapan Metode Kodaly sebagai Upaya Meningkatkan Kepekaan Nada pada Ekstrakurikuler Paduan Suara SD Al-Madina Purworejo. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 67–73. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/963

Kwidura, Nugroho, Haryono, Slamet, & Raharjo, Eko Raharjo. (2020). Penerapan Metode Ear Training Dalam Pembelajaran Paduan Suara SMP Negeri 1 Kudus. Jurnal Seni Musik, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.15294/jsm.v9i2.22486

Rahayu, Ayu Sri. (2017). Penerapan Metode Kodaly Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Solmisasi Siswa Pada Materi Simbol Nada. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 501–510.

Yaung, S., Pardomuan, G. N., & Sahureka, C. M. (2023). Penerapan Metode Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VIII B SMP Negeri 7 Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik dan Seni, 1(1), 25-39.

Downloads

Published

29-04-2024

How to Cite

Fangohoy. K, W., & Yustinus Polhaupessy. (2024). Pengembangan Metode Kodaly Dalam Proses Pelatihan Paduan Suara Anak Pada Jemaat GKI Solafide Sereh. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 2(1), 38–54. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.178