Metode Pembelajaran Vokal Pada Paduan Suara Jemaat GKI Ebenhaezer Yonif 751/Raider Sentani di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Wouter Fangohoy Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani
  • Magdalena Marlissa Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i2.90

Keywords:

Paduan Suara, Vokal, Pandemik

Abstract

Paduan Suara adalah sekelompok vokalis yang unggul dalam bidang olah vokal atau suara dan dengan cepat memperluas karyanya dengan memasukkan lagu-lagu religius dan juga lagu-lagu non-religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran paduan suara di Jemaat GKI Ebenhaezer Yonif 751/R Sentani selama pandemi, serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang terdiri dari analisis data faktual dan uraian deskriptif mengenai proses pembelajaran vokal di Paduan Suara GKI Ebenhaezer Yonif 751/R Sentani selama masa pandemi melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Tutorial, instruksi suara di dalam kelas, dan instruksi suara di dalam sub-kelas semuanya digunakan dalam pembelajaran vokal selama pandemi. Video dan tutorial media WhatsApp memberikan dukungan untuk prosedur ini. Koneksi internet yang handal atau pulsa yang konsisten juga diperlukan untuk memfasilitasi metode pembelajaran ini, dan kemajuan anggota paduan suara dalam menyelesaikan latihan yang telah mereka pelajari secara konsisten dinilai sebagai indikator dari proses pembelajaran ini. Anggota Paduan Suara Ebenhaezer Yonif 751/R terus meningkatkan kemampuan vokal mereka sebagai hasil dari pelatihan online dan mandiri. Namun, penting untuk dicatat bahwa pembelajaran secara offline tidak melibatkan penetapan protokol kesehatan.

References

Haumahu, J. P., Kunci, K., Backpropagation, :, Tiruan, J. S., Balok, N. & Pola, P. (2019). Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Notasi Balok Menggunakan Metode Backpropagation. In JURIKOM) (Vol. 6, Issue 3).

J, M. L. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Http//Jurnal.Sttsundermann.-Ac.Id./Index.Php/Sundermann/Article/View/46/30,.

Kristanto, A. (2020). BENTUK PEMBELAJARAN VOKAL SECARA DARING. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(2). https://doi.org/10.37368/tonika.v3i2.181

Kurniawan, C. & Suharto, S. (2019). PERAN PELATIH DALAM MEMBANGUN PELATIHAN PADUAN SUARA YANG MENYENANGKAN DI PADUAN SUARA VOICE OF CONSERVATION (VOC) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. JURNAL SENI MUSIK, 8(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.29207

Mita, A. R. (2021). Metode Dan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Gregorius Di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1).

Mita, R. A. & Kristiandri, D. (2020). METODE DAN TEKNIK VOKAL PADA PADUAN SUARA GREGORIUS DI PAROKI ALOYSIUS GONZAGA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1). https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p41-53

Muskitta, B., Wibowo, M. & Sianturi, E. (2020). Profesionalitas Pelatih Dalam Pengembangan Kualitas Paduan Suara Nine’s Voice di SMA Negeri 9 Manado. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i2.342

Putri, K. P., Hartono, H. & Gusanti, Y. (2023). Penerapan Metode Kreatif Vocalizing untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi pada Ekstrakurikuler Paduan Suara Sekolah Menengah Pertama. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(6). https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p790-803

Rumengan, P. & Hartati, D. S. (2020). Transmutasi, Satu Proses Lahirnya Genre Musik Baru; Studi Tentang Kelahiran Ansambel Musik Kolintang Kayu, Satu Genre Musik di Minahasa. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i2.346

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Wiflihani. (2015). Pengetahuan Dasar Teori Musik. Pendidikan Musik.

Downloads

Published

10-12-2023

How to Cite

Wouter Fangohoy, & Marlissa, M. (2023). Metode Pembelajaran Vokal Pada Paduan Suara Jemaat GKI Ebenhaezer Yonif 751/Raider Sentani di Masa Pandemik Covid-19. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(2), 116–132. https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i2.90