Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X di SMA YPPK Asisi Sentani

Authors

  • Natalia Wilar Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani

DOI:

https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i2.106

Keywords:

Media Pembelajaran, Microsoft Teams, Penelitian Pengembangan, Model ADDIE, Seni Budaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi Miscrosoft Teams pada siswa kelas X IPS 1 SMA YPPK Asisi Sentani yang diharapkan mampu menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terkhusus mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi konten, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa perorangan, siswa kelompok kecil, dan siswa dalam uji coba lapangan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis MS Teams dan Motivasi belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Microsoft teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi berkas) dan integrasi aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk MS Teams untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dan telah valid untuk digunakan. Hasil angket kuisioner menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Mellisa Hubbard & Matthew J. Bailey, Mastering Microsoft Teams End User Guide to Practical Usage, Collaboration, and Governance, (USA: Apress, 2018), h. 1.

Oemar Hamalik. (2001) Proses belajar mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara,2001)

Syaipul Sagala, Konsep dan makna pembelajaran ( Bandung, Alfabeta, 2008) Hal 61

Sudjana, Strategi pembelajaran (bandung; Dilanisa Putri Sejahtera,2012) Hal 28

Hadjar Pamadi,dkk,Pendidikan seni di SD (Jakarta, Universitas Terbuka)

Ibid, h.1.7

Elly M.Setiadi,, et al,ilmu social dan budaya dasar,(Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2007), 27-28

Soemardi, dkk, pendidikan keterampilan, (Jakarta, Depdikbud,1993),h.2

O.p Cit. H.2

Qonita Alya, kamus besar bahasa Indonesia, (bandun,indah jaya adipratam,2009), hal 568

Mubihin Syah, psikolgi pendidikan (Jakarta, Logos wacana ilmu 1999)hal. 138

Feni ayu Vivian, persepsi mahasiswa terhadap efektifitas pembelajaran daring pada matakuliah statistika matematikaselama masa pandemic COVID-19(jambi, UIN Thata Saifudin ambi,2021)

Aldi Dwi Saputra and Kundharu Suddhono, Pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan ms teams untuk SMA di masa pandemic covid-19 (lingua 18 no 1 2021) hal 22

Hardani. dkk, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020),hlm. 138

Hardani. dkk, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Yogyakarta: PustakaIlmu, 2020), hlm. 13

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agnes Dwi Cahyani (2013). Pengem-bangan Modul Pembelajaran Elektronika Dasar Berbasis pendidi-kan karakter di SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi UNY

Akker, J. Van den. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training .Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York : Springer Science & Business Media, LLC.

Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Candiasa, I M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248–251.Https://Doi.Org/Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Orbita/Article/View/2592/2068

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman, S. dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Pro-fesionalitas Guru Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

10-12-2023

How to Cite

Wilar, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X di SMA YPPK Asisi Sentani. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 1(2), 87–101. https://doi.org/10.69748/jmcd.v1i2.106